Pekanbaru (ANTARA News) - Sekitar 200 warga Kota Pekanbaru, Minggu, ikut menandatangani petisi yang mendesak para pasangan calon presiden Indonesia berkomitmen terhadap lingkungan termasuk menghentikan kebakaran hutan di Provinsi Riau.

"Kampanye penyelamatan lingkungan yang dilaksanakan serentak di Bandung, Padang, dan Pekanbaru," kata Juru kampanye Media Greenpeace Indonesia Zamzami Arlinus kepada Antara hari ini.

Petisi dukungan dapat langsung ditandatangani  masyarakat di sekitar area hari bebas kendaraan bermotor di Jalan Dipenogoro, Pekanbaru, di area bebas kendaraan bermotor di Jalan Dago, Bandung, dan di seputar GOR Agus Salim, Padang.

Selain di ketiga kota tersebut, masyarakat yang ingin mendukung dan berpartisipasi dalam komitmen 100% Indonesia juga dapat menandatangani petisi melalui www.100persenindonesia.org.

Kampanye tersebut melibatkan tokoh karakter aktivis yang mengenakan kostum harimau dan lumba-lumba dengan setelan jas necis. Karakter harimau Sumatera dinamai "Raung", dan karakter ikan lumba-lumba disebut "Umba". Keduanya merepresentasikan satwa dilindungi yang kini terancam punah.

"Raung dan Umba akan berada di Pekanbaru untuk terus berkampanye kepada publik meminta 100 persen perlindungan lingkungan hidup Nusantara," kata Zamzami.

Ia berharap kampanye itu bisa menyadarkan para pemilih untuk jeli memilih calon presiden dan wakil presiden yang memiliki program nyata dalam mengatasi masalah lingkungan hidup di Indonesia.

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014