Nairobi (ANTARA News) - Presiden Kenya Uhuru Kenyatta pada Minggu (1/6) berikrar akan meningkatkan keamanan di berbagai kota kecil dan kota besar utama serta semua tempat masuk ke negeri itu untuk menstabilkan negara Afrika Timur tersebut.

Kenyatta mengatakan pemerintahnya telah memasang kamers CCTV di kota kecil dan kota besar utama, serta hubungan telepon di tempat masuk perbatasan.

"Persatuan kita diperlukan sekarang lebih dari sebelumnya. Pelaku teror, pencuri dan pemburu liar mengancam kehidupan kita, harta kita dan warisan nasional kita. Pertahanan pertama kita adalah pria dan wanita kita di dinas yang berdisiplin," kata Kenyatta selama perayaan untuk memperingati 51 tahun kekuasaannya.

Pemimpin Kenya tersebut mengatakan pemerintah juga telah menyediakan sedikitnya 1.200 kendaraan untuk polisi, yang pada gilirannya juga akan dilengkapi dengan kamera CCTV.

"Gagasan kami tidak terkungkung pada keamanan. Untuk menanganinya, serta imigrasi kita, dan mengumpulkan data yang jauh lebih akurat dibandingkan dengan yang kita miliki sekarang, pemerintah saya akan menetapkan pendaftaran digital nasional dalam tahun fiskal mendatang," kata Kenyataa.

Banyak kasus perampokan bersenjata yang ditujukan kepada gerai pengecer di Nairobi, Mombasa dan di Kenyata Utara telah meningkat tahun ini.

Menurut kesaksian dari pedagang dan penjaga keamanan, jalan yang dipenuhi warga di kota kecil dan kota besar utama adalah sasaran utama pelaku kejahatan karena sifatnya yang rentan, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin.

Gelombang kejahatan yang meningkat di kota besar dan kota kecil juga telah membuat takut penanam modal dan jika dibiarkan begitu saja bisa memutar-balikkan kemajuan ekonomi negeri itu. Hampir tak ada hari yang berlalu tanpa laporan mengenai peristiwa perampokan dengan kekerasan di Nairobi dan daerah sekitarnya.

Namun Kenyatta menyatakan hampir 8.000 pria dan perempuan muda telah bergabung dalam dinas disiplin dan 33 juta dolar AS telah dialokasikan buat perekrutan tambahan 10.000 personel polisi tahun ini.

"Mereka akan memasuki dinas kepolisian yang kondisi layanannya dengan cepat meningkat: asuransi dan rumah baru akan segera menjadi milik mereka, sebab kami sudah menyisihkan 18,3 juta dolar buat Skema Asuransi Medis Polisi.

"Sebagai imbalannya, kami mengharapkan pengabdian dan standard dispilin mereka akan ditingkatkan untuk memenuhi harapan rakyat Kenya," katanya.

Ia mengumumkan pemerintah berencana untuk menetapkan pendaftaran digital nasional pada tahun fiskal mendatang untuk mengumpulkan dan menyimpan data yang akurat mengenai masalah keamanan dan imigrasi.

"Sumber daya yang kami perlukan sudah kami sisihkan dan kami dapat mengharapkan pendaftaran penuh dan menyeluruh mengenai orang dan harta, perusahaan dan tanah."

"Bertolak-belakang dengan suara-suara kontroversi, satu-satunya tujuan kami ialah menyatukan managemen informasi kami menjadi satu sumber yang dapat dipercaya mengenai kebenaran berbagai masalah kepentingan masyarakat," katanya.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014