Simpang Ampek, Sumbar (ANTARA News) - Pelaksanaan lomba balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) Etape II di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Minggu, berjalan sukses dan meriah.

Diawali di Tugu Equator Bonjol Kabupaten Pasaman pukul 11.00 WIB sampai finis di depan kantor Bupati Pasaman Barat pukul 14.06. WIB lomba dapat berjalan lancar dan meriah.

Apalagi juga didukung pengamanan yang berlapis dari pihak keamanan. Partisipasi masyarakat juga sangat mendukung pelaksanaan TDS etape II.

"Untuk perdana sebagai tempat finis kita bersyukur dapat berjalan sukses. Animo masyarakat cukup tinggi dan kita memberikan apresiasi kepada pihak keamanan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pasaman Barat, Afrizal Azhar di Simpang Ampek, Minggu.

Ia mengatakan ajang TdS tidak saja sebagai sarana perlombaan olah raga balap sepeda tetapi juga sebagai sarana promosi wisata dan promosi potensi daerah.

"TdS ajang promosi karena diliput puluhan media televisi dan media cetak. Pasaman Barat bisa dikenal oleh negara luar,"ujarnya.

Bupati Pasaman Barat, Baharuddin R mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah membantu suksesnya pelaksanaan TdS etape II.

"Kedepannya kita ingin menjadi tempat start dan finis sehingga Pasaman Barat semakin dikenal," katanya.

Ia mengatakan area finis di Pasaman Barat cukup memadai sehingga memberikan kenyamanan kepadan pembalap.

"Untuk yang akan datang kita akan melengkapi sarana prasarana penunjang TdS," sebutnya.

Etape II ini dimenangkan oleh pembalap Iran, Hossein Alizadeh dari tim TSR.

Hossein Alizadeh menempuh waktu 3 jam, menit 31 detik. Urutan dua direbut Arvin Moazemi Godarzi dari tim PKY Iran dengan waktu 3 jam, 6 menit, 31 detik dan urutan ketiga direbut oleh Amir Zargari dari tim PKY Iran dengan waktu 3 jam, 6 menit, 31 detik.

Urutan keempat direbut oleh Rahim Emami dari tim PYK Iran dengam waktu 3 jam, 6 menit, 31 detik, urutan kelima direbut oleh Sajjad Sabouiri dari tim SPT Iran, urutan keenam direbut oleh Saeid Safarzadeh dan urutan ketujuh direbut oleh Ramin Malekimizan dari tim TPT Iran dengan waktu 3 jam, 11 menit dan 31 detik.

Selanjutnya urutan ke delapan direbut oleh Ramin Mehrbaniazar dari tim PKY Iran, urutan sembilan direbut oleh Dadi Suryadi dari tim PCT Indonesia dan urutan 10 direbut oleh Alireza Asgharzadeh dari tim TSR Iran.

Sedangkan untuk kategori pembalap Asean atau memperoleh red white jersey dimenangkan oleh Dadi Suryadi dari tim PCT Indonesia, urutan kedua Aiman Cahyadi dari tim INA Indonesia dan urutam ketiga direbut oleh Agung Ali Syahbana dari tim INA Indonesia.

Untuk raja tanjakan atau memperoleh polka white jerset dimenangkan oleh Arvin Moazemi Godarzi dari tim PKY Iran, urutan kedua direbut oleh Junrey Navarra dan urutan ketiga direbut oleh Sajjad Sabouri dari tim TPT Iran.

Sedangkan sprin kompetisi atau memperoleh green jersey dimenangkan oleh Arvin Moazemi Gidarsi dari tim PKY Iran dengan 15 poin, Ahmed Mirza Alhammadi dari tim UAE dengan memperoleh 12 poin dan urutan ketiga direbut oleh Aiman Cahyadi dari tim INA Indonesia dengan poin 7.

(KR-MLN/T004)

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014