Rio De Janeiro (ANTARA News) - Empat hari setelah tim tuan rumah membuka Piala Dunia dengan kemenangan atas Kroasia, Brasil juga "menang" di luar lapangan dengan mencapai target jumlah turis Piala Dunia, kata pemerintah, Senin.

"Neraca untuk beberapa hari pertama Piala Dunia secara umum sangat positif," kata Menteri Pariwisata Vinicius Lages.

Data awal menunjukkan Brasil akan mencapai target menarik 600.000 turis mancanegara dan tiga juta wisatawan domestik untuk event selama sebulan tersebut, yang berlangsung hingga 13 Juli, katanya.

Lages mengatakan kepada wartawan di Rio bahwa Brasil sedang menjaring 3 miliar dolar dari turis di 12 kota penyelenggara.

Ia mengatakan, Brasil mempunyai dua nilai jual utama -- termasuk sepak bola, yang ia sebut sebagai "sebuah kesempatan besar" bagi negara tersebut untuk menampilkan pesonanya.

Lages menegaskan bahwa kendati ada masalah sosial dan golongan, Brasil adalah "negara bahagia spa untuk jiwa."

Dengan fans dari Amerika Serikat menjadi pembeli terbanyak kedua tiket setelah Brasil, Lages mengatakan, keputusan untuk menawari mereka bebas visa untuk event tersebut "sangat membantu kami."

Brazil, hanya menarik enam juta turis per tahun, ketinggalan jauh dari tujuan wisata utama lainnya -- bandingkan dengan Prancis yang menarik 83 juta tahun lalu dan 67 juta dari Amerika Serikat.

Ia mengatakan, Brasil harus mengaitkan dengan ketertarikan pada Piala Dunia untuk memenuhi lebih banyak lagi potensi wisata, ditambah dengan Olimpiade Rio 2016.

Namun dia mengakui harus ada perbaikan infrastruktur, terutama transportasi.

Brasil menghadapi kritik luas karena memulai persiapan Piala Dunia dan Olimpiade terlambat dan membatalkan sejumlah skema mobilitas perkotaan sebelum pesta sepak bola itu dimulai, sementara peningkatan bandara juga keteter.

Penerjemah: Fitri Supratiwi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014