AsiaNet 57080

TOKYO. 17 Juni 2014 (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) --

Interlink Co., Ltd., sebuah Operator Registrasi Domain baru, pada tanggal 17 Juni mengumumkan akan membuka Top-Level Domain (TLD)(1) internet yang paling unik, "moe", yang segera beroperasi mulai hari Selasa, 17 Juni.

(Foto: http://prw.kyodonews.jp/opn/release/201406171490/)

Kata "moe" (yang berarti afinitas terhadap karakter, figur, hewan, dll yang bersifat fiktif; dilafalkan "moh-ay") berakar dalam pada kebudayaan Otaku (pehobi) Jepang. ".moe" adalah Top-Level Domain (TLD) baru yang khusus dirancang sebagai identitas daring yang baru bagi komunitas Otaku, yang meliputi pecinta anime, pehobi, pencipta konten, seniman, dan pengusaha di dalam indsutri anime, komik, dan novel visual.

Peluncuran ".moe" terdiri dari dua fase; Fase Landrush dan Ketersediaan Umum. Fase Landrush adalah periode pendaftaran prioritas singkat, atau periode akses dini, dimana pengguna memiliki kesempatan terbaik untuk mengamankan nama domain yang mereka inginkan. Pada fase Ketersediaan Umum, nama domain akan dialokasikan berbasis pertama datang, pertama dilayani. Baik Fase Landrush maupun Ketersediaan Umum terbuka bagi siapapun tanpa ada larangan dan batasan.

Sebelum domain ini diluncurkan, Interlink telah melakukan berbagai kegiatan kampanye dan promosi TLD melalui beragam bisnis terkait. Sebagai contoh, penerbit Novel Visual, Aquaplus, kini dengan bangga telah menjadi salah satu pemilik http://aquaplus.moe/.

Hingga kini, Interlink telah menandatangani kontrak dengan 28 Registrar Domain Terakreditasi ICANN seluruh dunia dan jumlah tersebut diperkirakan akan terus tumbuh pesat selama fase Landrush. Bagi pengguna yang ingin mengamankan domain ".moe", silakan kunjungi http://nic.moe/en/ untuk informasi lebih lanjut.

Tanggal Peluncuran
Periode Landrush: 17 Juni 2014 (15:00 UTC) - 18 Juli 2014 (15:00 UTC)
Periode Pendaftaran Umum: 22 Juli 2014 (02:00 UTC)

(1) Top-Level Domain (TDL) adalah label terpopuler dari nama domain. Sebagai contoh, "example.org" dimiliki oleh top-level domain .org.

Sekilas tentang Interlink Co. Ltd.
Interlink Co., Ltd. adalah perusahaan asal Tokyo, Jepang, yang berdiri pada tahun 1994. Interlink adalah sebuah operator layanan internet (ISP) yang sangat sukses yang menyediakan beragam layanan termasuk layanan konektivitas internet, hosting, dan pendaftaran domain. Interlink berhasil menjadikan Top-Level Domain .moe sebagai namespace global teratas sejak tahun 2012. Interlink menandatangani kontrak kerjasama dengan ICANN, otoritas yang berwenang di dalam DNS Global, pada bulan November 2013, sehingga memungkin perusahaan ini untuk mengoperasikan TLD ".moe".  

SUMBER: Interlink Co., Ltd.

    Kontak:
    Jacob Williams
    General Manager, Domain Services
    Interlink Co., Ltd.
    Tel: +81-3-3985-3711
    E-Mail: gtld@interlink.ad.jp
    URL: http://nic.moe/en
    Twitter: https://twitter.com/moedomain
    Facebook: https://www.facebook.com/moedomain
  Sunshine 60 Bldg. 37th Fl., 3-1-1, Higashi-Ikebukuro,  Toshima-ku, Tokyo, Japan 170-6035

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2014