Salvador, Brasil (ANTARA News) - Dua gol spektakuler yang dicetak Blerim Dzemaili dan Granit Xhaka pada 10 menit akhir laga tak menyelamatkan Swiss yang takluk 5-2 dari Prancis di pertandingan Grup E Piala Dunia 2014 di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, Sabtu pagi WIB.

Berkat kemenangan tersebut, tim besutan Didier Deschamps memastikan diri ke babak 16 besar dengan mengoleksi enam poin setelah di laga pertama Grup E menang 3-0 atas Honduras.

Gol Dzemaili, yang merupakan pemain pengganti dicetaknya dengan mengeksekusi tendangan bebas dari jarak 30 meter dan gagal diantisipasi penjaga gawang Prancis Hugo Lloris pada menit 81.

Sementara itu Xhaka mencetak gol sentuhan pertama menyongsong bola umpan dari Gokhan Inler pada menit 87.

Pun demikian, dua gol itu seolah hanya sekedar hiburan bagi Swiss, mengingat Prancis lebih dulu unggul 5-0 hingga menit 80.

Gol Prancis dicetak oleh Olivier Giroud, Blaise Matuidi, Mathieu Valbuena, Karim Benzema dan Moussa Sissoko.

Penyerang Arsenal, Giroud mencetak gol ke-100 Prancis di putaran final Piala Dunia lewat tandukan di menit 17 yang segera disusul tendangan kaki kiri Matuidi semenit berselang.

Lima menit jelang turun minum, Valbuena mencetak gol ketiga Prancis.

Kemudian di babak kedua, dua gol yang dicetak dalam waktu berjarak enam menit oleh Benzema pada menit 67 dan Sissoko menit 73 membuat Prancis jauh dari kejaran Swiss.

Gol ketiga Benzema di Piala Dunia 2014 itu, seolah membayar kegagalannya mengeksekusi penalti di babak pertama.

Benzema sebetulnya kembali menggetarkan gawang Swiss pada menit terakhir, namun wasit terlebih dahulu meniup peluit tanda pertandingan berakhir.

Yohan Cabaye yang menerima kartu kuning akan absen saat Prancis melakoni laga terakhir mereka di Grup E melawan Ekuador.

Sementara pelatih Ottmar Hitzfield bersama Swiss akan melakoni laga melawan Honduras di laga terakhir Grup E, yang akan menentukan kelolosan mereka ke babak 16 besar.

Berikut susunan lengkap pemain berdasarkan laman FIFA.

Swiss: Diego Benaglio (PG), Stephan Lichsteiner, Ricardo Rodriguez, Steve von Bergen (Philippe Senderos), Johan Djorou, Gokhan Inler (K), Valon Behrami (Blerim Dzemaili), Granit Xhaka, Xherdan Shaqiri, Admir Mehmedi, Haris Seferovic (Josip Drmic)

Prancis: Hugo Lloris (PG/K), Mathieu Debuchy, Patrice Evra, Raphael Varane, Mamadou Sakho (Laurent Koscielny), Blaise Matuidi, Yohan Cabaye, Moussa Sissoko, Mathieu Valbuena (Antoine Griezmann), Olivier Giroud (Paul Pogba), Karim Benzema

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014