Recife (ANTARA News) - Meksiko memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2014 setelah mengandaskan tim Eropa, Kroasia, dalam laga ketiga Grup A di Pernambuco Arena, Recife, Senin sore (Selasa pagi WIB).

Kemenangan 3-1 Meksiko diinspirasi oleh gol pembuka Marquez pada menit 72, skor yang memecah kebuntuan setelah kedua tim bermain tanpa gol sepanjang babak pertama.

Marquez mencetak gol dengan sundulan akurat dari depan gawang Kroasia, memenangkan perebutan duel di udara menyambut umpan Herrera dari tendangan pojok.

Hanya berselang tiga menit kemudian Guardado berhasil memperbesar keunggulan El Tri lewat tendangan keras yang dihentakkannya dari luar kotak penalti.

Bola tendangan Guardado mendarat di sebelah kanan lubang gawang Kroasia dan tidak berhasil dicegah kiper Pletikosa.

Belum lagi sempat membalas, Javier Hernandez yang masuk menggantikan Dos Santos menit 62, mencetak gol untuk memperbesar keunggulan Meksiko menjadi 3-1.

Gol Chicharito menit 82 itu tercipta dari usaha awal tendangan pojok, lagi-lagi oleh Herrera, dan dengan sentuhan apik Hector Moreno membuka jalan bagi pemain Manchester United itu memperdayai kiper Kroasia Pletikosa.

Dengan usaha kerasnya yang penuh perjuangan, Kroasia kemudian hanya mampu membalas satu gol melalui Perisic menit 87 memanfaatkan umpan Modric.

Namun, tidak lama kemudian, beban Kroasia kian berat karena Rebic diusir dari lapangan sebagai ganjaran pelanggaran keras terhadap Moreno.

Meski sudah berupaya keras dan beberapa membahayakan gawang Meksiko, Kroasia gagal menambah gol dan mengakhiri pertandingan dengan kekalahan 1-3.

Sepanjang babak pertama yang tanpa gol, kedua tim bermain tampak sangat hati-hati dengan hanya satu peluang menegangkan di gawang Kroasia ketika tendangan jarak jauh Herrera membentur mistar.

Dengan kemenangan 3-1, Meksiko memastikan lolos ke babak 16 besar dengan menghuni tempat kedua klasemen akhri Grup A dengan nilai 7, sama dengan juara grup Brasil yang menumbangkan Kamerun 4-1.

Berikut susunan pemain Kroasia vs Meksiko menurut laporan FIFA:

Kroasia

Line-ups: 1-Pletikosa (GK), 2-Vrsaljko, 3-Pranjic, 4-Perisic, 5-Corluka, 6-Lovren, 7-Rakitic, 10-Modric, 11-Srna (C), 17-Mandzukic, 18-Olic.

Pengganti: 12-Zelenika (GK), 23-Subasic, 8-Vukojevic, 9-Jelavic, 13-Schildenfeld, 14-Brozonic, 15-Badelj, 16-Rebic, 19-Sammir, 20-Kovacic, 21-Vida, 22-Eduardo.

Pelatih: Niko Kovac (Kroasia)

Meksiko

Line-ups: 13-G Ochoa (GK), 2-F Rodriguez, 4-R Marquez (C), 6-H Herrera, 7-M Layun, 10-G Dos Santos, 15-H Moreno, 18-A Guardado, 19-O Peralta, 22-P Aguilar, 23-J Vazquez.

Pengganti: 1-J Corona (GK), 12-A Talavera (GK), 3-C Salcido, 5-D Reyes, 8-M Fabian, 9-R Jimenez, 11-A Pulido, 14-J Hernandez, 16-M Ponce, 17-I Brizuela, 20-J Aquino, 21-C Pena.

Pelatih: Miguel Herrera (Meksiko).

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014