London (ANTARA News) - Liverpool telah menyelesaikan proses perekrutan Adan Lallana, setelah gelandang Southampton dan Inggris itu sukses menjalani pemeriksaan medis klub pada Selasa.

Biaya transfer yang disetujui oleh Southampton untuk gelandang 26 tahun itu diyakini berada di sekitar angka 25 juta pound, dan ia akan diikat dengan kontrak lima tahun.

Lallana merupakan rekrutan ketiga Brendan Rodgers pada musim panas, menyusul kedatangan rekan setimnya di Southampton Rickie Lambert dan gelandang Bayer Leverkusen Emre Can, yang kepindahannya dari Jerman akan diratifikasi pada Selasa di mana bursa transfer akan dibuka secara resmi untuk proses-proses registrasi.

"Saya sangat gembira untuk babak baru dalam karier saya, datang ke klub yang istimewa seperti Liverpool," kata Lallana kepada liverpoolfc.com.

"Saya berharap saya dapat menambah sesuatu kepada tim dan mudah-mudahan kami dapat memenangi trofi-trofi saat saya berada di sini, karena itulah mengapa saya ada di sini - untuk kesuksesan."

Liverpool sangat dekat terhadap upaya mereka untuk memenangi gelar Inggris perdana dalam 24 tahun pada musim lalu, finis sebagai runner up di Liga Utama Inggris dari Manchester City.

Namun Lallana, yang saat masih anak-anak merupakan penggemar klub rival Liverpool, Everton, mengatakan cara bermain Si Merah musim lalulah yang membuat dirinya berharap dapat pindah ke Anfield.

"Melihat laju (Liverpool) sampai akhir musim lalu merupakan hal yang tidak dapat dipercaya," ucapnya. "Itu membuat bulu kuduk saya berdiri saat menyaksikan gaya sepak bola (mereka)."

"Di dasar hati saya memikirkan diri saya sendiri Mudah-mudahan pada suatu hari saya akan dapat bermain di tim itu."

Komoditas istimewa

Pelatih Liverpool Brendan Rodgers menambahi, "Apa yang terlihat dari Adam adalah karakternya sebanding dengan bakatnya"

"Ia memiliki kualitas-kualitas kepemimpinan dan pribadi yang membuat dirinya menjadi komoditas istimewa, dan saya senang kami dapat bertindak menentukan untuk meyakinkan ia mengenakan kaus Liverpool pada musim depan."

Bersama bek 18 tahun Luke Shaw - yang seperti Lallana juga merupakan anggota tim Inggris untuk Piala Dunia - yang juga meninggalkan Southampton, dalam kasusnya ia bahkan mencatatkan rekor transfer termahal untuk pemain remaja dengan nilai transfer 30 juta pound untuk direkrut Manchester United, The Saints kini telah kehilangan tiga pemain kunci yang meninggalkan klub pesisir Selatan itu, menyusul keberhasilan mereka menyelesaikan Liga Utama Inggris pada musim lalu dengan menduduki peringkat kedelapan.

Namun dengan pundi-pundi yang mereka bertambah banyak berkat kepergian mantan kapten Lallana, Southampton kini menjanjikan kepada pelatih baru Ronald Koeman - yang mengambil alih tim setelah Mauricio Pochettino pindah ke Tottenham Hotspur pada akhir musim lalu - bahwa pria Belanda itu akan dapat menggunakan pemasukan yang mereka miliki untuk memperkuat tim.

"Dana yang diterima dari Liverpool, meski tidak diumumkan besarannya, akan membuat klub dapat mengembangkan tim pertama untuk musim 2014/2015," demikian pernyataan Southampton.

Lallana menambahi bahwa prospek bermain di Liga Champions terlalu bagus untuk ditolak.

"Saya bersyukur Southampton pada akhirnya menerima tawaran itu dan mengabulkan harapan saya untuk bermain di klub sepak bola yang fantastis dengan Liga Champions dan bersaing untuk gelar-gelar Liga Utama Inggris."

"Mereka merupakan target-target yang berbeda untuk klub seperti Southampton."

"Lima atau enam tahun silam saya bermain di League One, namun ini merupakan kenyataan di mana kami mampu menanjaki liga-liga dan melakukannya dengan baik, dan saya akan berpikir bahwa saya bisa berada di sini karena jasa mereka."

Sekarang baik Lallana dan Lambert siap melakukan debutnya di Liverpool saat klub itu menjamu Southampton, yang mendatangi Anfield pada hari pembukaan musim liga yang baru.

"Itu akan lebih buruk jika (pertandingan) itu dimainkan di St Mary, maka saya gembira ini dimainkan di Anfield," kata Lallana.

"Merupakan takdir untuk bertanding melawan mantan rekan-rekan setim Anda; Ricky mengatakan ia akan mempertaruhkan agunannya pada hal ini," tambahnya.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014