Uji coba kami harap bisa menjadi tolak ukur kemampuan timnas. Apalagi pada Asian Games lawan yang akan dihadapi adalah tim-tim kuat,"
Jakarta (ANTARA News) - Timnas Indonesia U-23 yang dipersiapkan untuk Asian Games 2014 di Incheon Korea Selatan akan melakukan uji kemampuan ke Italia dengan melawan tiga klub besar yang ada di Negeri Pizza itu.

Sesuai dengan rencana, Timnas Indonesia U-23 yang dipromotori oleh Nine Sport akan menjalani tiga pertandingan uji coba melawan klub Liga Serie A Italia yaitu AS Roma (18/7), Cagliari (20/7) dan Lazio (23/7).

"Uji coba kami harap bisa menjadi tolak ukur kemampuan timnas. Apalagi pada Asian Games lawan yang akan dihadapi adalah tim-tim kuat," kata pelatih Timnas Indonesia U-23, Aji Santoso dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, uji coba melawan tim-tim yang sudah mempunyai nama besar sangat baik untuk perkembangan tim. Apalagi Timnas Garuda Muda masih dalam pembentukan sebelum nama-nama resmi didaftarkan ke pihak penyelenggara Asian Games 2014.

"Kami optimistis timnas bisa bicara banyak pada pertandingan uji coba di Italia nanti. Kami berharap semua pemain bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya," kata mantan pemain Arema Malang dan Persebaya Surabaya itu.

Demi memaksimalkan uji coba internasional yang sudah terjadwal, Timnas Indonesia U-23 akan kembali digembleng pada pemusatan latihan nasional (pelatnas) tahap lima. Sesuai dengan rencana, pemusatan latihan akan digelar di Malang Jawa Timur.

Pemusatan latihan dilakukan selama sepuluh hari mulai 4--13 Juli. Setelah digembleng dengan program yang telah ditetapkan, Timnas Garuda Muda akan bertolak menuju Italia, 14 Juli dan akan kembali ke Tanah Air, 25 Juli.

Jika Timnas Indonesia U-23 menjalani pertandingan uji coba ke Italia, kondisi berbeda dilakukan Timnas Indonesia senior yang dipersiapkan untuk menghadapai Piala AFF 2014. Anak asuh Alfred Riedl itu memilih Timur Tengah untuk melakukan ujicoba.

Sesuai dengan rencana, Timnas Garuda ini akan menghadapi Timnas Qatar di Dhoha, 14 Juli. Kurnia Meiga dan kawan-kawan dijadwalkan bertolak ke Qatar, 12 Juli dan kembali ke Tanah Air, 15 Juli.

Guna mempersiapkan diri untuk menghadapi Qatar, timnas senior dibawah asuhan Alfred Riedl dan didukung asisten pelatih Widodo Cahyono Putro dan Wolfgang Pikal ini akan menjalani pemusatan latihan di Lapangan SPH Karawaci Tangerang, 7--11 Juli 2014. (*)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014