Chicago (ANTARA News) - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih rendah pada Kamis (Jumat pagi WIB), setelah laporan pekerjaan AS yang kuat memikat investor menjauh dari emas beralih ke ekuitas AS.

Kontrak emas yang paling aktif untuk Agustus turun 10,3 dolar AS, atau 0,77 persen, menjadi menetap di 1.320,6 dolar AS per ounce, lapor Xinhua.

Emas jatuh untuk pertama kalinya dalam lima sesi perdagangan, karena 288.000 pekerjaan ditambahkan ke dalam ekonomi AS pada Juni, menurut sebuah laporan dari Departemen Tenaga Kerja AS. Hal ini membawa tingkat pengangguran turun menjadi 6,1 persen, dekat posisi terendah enam tahun.

Sebuah laporan tambahan oleh Departemen Perdagangan AS menunjukkan bahwa defisit perdagangan AS menyusut 5,6 persen pada Mei menjadi 44,4 miliar dolar AS, lebih lanjut meredam daya tarik emas.

Bank Sentral Eropa (ECB) mempertahankan suku bunga tidak berubah meskipun ada tanda-tanda inflasi terus-menerus melemah yang mengancam pemulihan yang rapuh di kawasan itu.

Namun demikian, risiko geopolitik akan mencegah penurunan lebih parah pada harga emas, analis pasar mengatakan.

Perak untuk pengiriman September turun 16,5 sen, atau 0,77 persen, menjadi ditutup pada 21,137 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober turun 3,8 dolar AS, atau 0,25 persen, menjadi berakhir pada 1.507,7 dolar AS per ounce.


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014