Jombang (ANTARA News) - Kepolisian Resor Jombang, Jawa Timur, menyelidiki penyebab kecelakaan antara bus Restu dengan sebuah minibus di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang, yang menewaskan sopir bus tersebut.

"Kami masih selidiki asal mula kecelakaan tersebut. Namun, untuk saat ini masih fokus untuk perawatan para korban," kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Jombang AKP Sugeng Widodo di Jombang, Jumat.

Ia mengatakan kecelakaan maut itu melibatkan bus Restu dengan nomor polisi N 7645 UG. Bus itu dikemudikan oleh Amrullah, warga Mojokerto, melaju dari arah Kertosono ke Surabaya.

Bus itu bertabrakan dengan sebuah minibus yang dikemudikan oleh Danang Mustofa, warga Tangkil, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Minibus itu melaju dari arah Surabaya ke Kertosono, hendak pulang ke Sragen, Jateng.

Pihaknya menyebut, saat kejadian kedua kendaraan melaju dengan kencang. Namun, di daerah Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, sopir bus kaget, sebab di depannya ternyata ada sebuah minibus yang juga melaju dengan kencang.

Sopir bus Restu diketahui hendak mendahului kendaraan lain di depannya, namun karena di depan dari arah berlawanan juga ada mobil, sopir bus tidak dapat mengendalikan laju kendaraannya, sehingga terjadi kecelakaan tersebut.

Sopir bus Restu banting setir ke arah kiri, hingga menabrak sebuah warung di daerah tersebut. Warung itu juga rusak akibat diterjang bus tersebut. Saat kejadian, warung itu dalam keadaan kosong.

Akibat kejadian itu, kedua kendaraan rusak berat. Sopir bus, Amrullah menderita luka parah, namun akhirnya meninggal dalam perjalanan. Sementara itu, seluruh penumpang baik di bus dan mobil elf, juga terluka.

AKP Sugeng menyebut, ada 12 korban dari bus yang terluka, sementara dari mobil elf ada tujuh, dengan sopir. Pengemudi minibus, Danang, menderita luka berat akibat kecelakaan itu. Seluruh korban dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Pihaknya belum melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait dengan musibah itu, sebab para saksi juga masih dalam keadaan sakit. Mereka masih mendapatkan perawatan, dan petugas menunggu kondisi mereka pulih.

Saat ini, kendaraan yang terlibat kecelakaan itu diamankan petugas. Polisi membawa kendaraan itu sebagai barang bukti. Kendaraan itu sudah dalam keadaan ringsek.

Arus lalu lintas dari arah Kertosono, Kabupaten Kediri ke Surabaya sempat macet. Namun, saat ini arus lalu lintas sudah lancar. Petugas langsung menyingkirkan kendaraan yang terlibat kecelakaan itu, agar tidak mengganggu arus lalu lintas.

(KR-DHS/I007)

Pewarta: Destyan HS
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014