London (ANTARA News) - PPLN dan KPPSLN untuk wilayah kerja Finlandia dan Estonia menggelar pemungutan suara Pilpres 2014 bagi WNI di negara itu pada 5 Juli mulai pukul 16.00 hingga 22.00 waktu setempat, di TPS yang didirikan di gedung KBRI Helsinki.

Sekretaris PPLN Helsinki, Made P Sentanajaya, kepada ANTARA London Minggu mengatakan bahwa masyarakat Indonesia di Finlandia dan Estonia antusias terlibat dalam Pilpres 2014.

Hal itu terbukti dari tingginya tingkat kehadiran pemilih di TPS pada hari pemungutan suara.

Dari 109 orang. pemilih yang terdaftar di TPS, sebanyak 103 orang atau sebesar 94,5 persen datang untuk memberikan suaranya di Helsinki.

Pemungutan suara di Helsinki berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar. Para pemilih, termasuk Dubes RI di Helsinki, Elias Ginting, beserta keluarga, memberikan suaranya mulai pukul 16.00 waktu setempat.

Mereka datang tidak hanya dari wilayah Helsinki tetapi juga dari kota-kota lain di Finlandia yang jaraknya 150-300 km di luar Helsinki yakni dari kota-kota seperti Turku, Tampere, Jyvaskyla, dan Vaasa.

Pilpres tanggal 5 Juli 2014 di Helsinki, yang. bertepatan waktunya dengan bulan Puasa dan Piala Dunia, juga dimeriahkan dengan penyelenggaraan kegiatan Bazaar Ramadhan, Pemutaran Film Religius dan Nonton Bersama Pertandingan Perempat Final Piala Dunia Sepakbola yang diadakan bekerja sama dengan organisasi-organisasi. kemasyarakatan Indonesia yang ada di Finlandia dan Estonia.

Kegiatan Bazaar dan Pesta Demokrasi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi. masyarakat Indonesia di Finlandia dan Estonia untuk datang memilih ke TPS pada hari pemungutan suara.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014