... Gila. Tidak bisa dipercaya... "
Oklahoma City, Oklahoma (ANTARA News) - Sukar dibayangkan, seorang petani di Oklahoma merayakan perolehan lagi telepon genggam miliknya yang hilang pada Oktober tahun lalu, dan ditemukan sembilan bulan kemudian di Jepang.

Telepon genggam itu telah melewati perjalanan jauh bersama pengapalan biji-bijian yang dikirim mengarungi sungai Mississippi, menembus Terusan Panama dan melintasi Samudra Pasifik.

Kevin Whitney dari Chickasha mengaku kehilangan telepon pintarnya ketika ia membungkuk dan perangkat komunukikasinya itu meluncur jatuh dari kantong ke biji-bijian yang sedang bergerak pada mesin pengangkut.

"Saya pikir saya tidak akan melihat telepon ini lagi," katanya kepada televisi Oklahoma, KFOR.

Telepon itu ditemukan oleh pekerja penggilingan di Kashima, Jepang, di dalam tumpukan dua juta gantang sorgum yang dikirim dari AS.

Mereka mengirim kembali telepon itu ke perusahaan yang mengapalkan biji sorgum di Lousiana dan perusahaan tersebut yang kemudian melacak hingga menemukan pemilik teleponnya.

"Gila. Tidak bisa dipercaya," kata Whitney kepada KFOR dan menambahkan, ia bisa menyelamatkan seluruh foto-foto digital yang dipikir tidak akan pernah dilihatnya lagi.

"Yang paling mengejutkan tentang semua ini adalah, betapa dunia ini sempit. Banyak makna dalam foto-foto ini, sehingga kami gembira bisa mendapatkan telepon ini kembali."

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014