Sarajevo (ANTARA News) - Pelatih Bosnia Herzegovina Safet Susic pada Rabu menyepakati perpanjangan kontrak berdurasi dua tahun, yang artinya ia akan memimpin tim dalam perburuan tiket menuju Piala Eropa setelah untuk pertama kalinya membawa negara itu ke putaran final Piala Dunia.

"Sejujurnya akan menyakitkan untuk meninggalkan tim ini, tapi momen itu belum berlangsung. Saya sangat senang dapat melanjutkan pekerjaan ini," kata Susic kepada awak media setelah melakukan pertemuan dengan federasi sepak bola Bosnia, N/FSBiH, terkait perpanjangan kontraknya.

Pelatih berusia 59 tahun itu pada era 1980-an merupakan pemain bintang klub Prancis Paris Saint-Germain serta tim nasional Yugoslavia dan telah menangani Bosnia sejak 2009 silam.

"Safet Susic akan menangani tim ini dalam fase kualifikasi untuk Piala Eropa 2016 di Prancis, yang dimulai dengan laga melawan Siprus pada 9 Septermber mendatang," demikian pernyataan N/FSBiH.

Bosnia tersingkir dari babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 setelah hanya menempati peringkat tiga Grup H lewat tiga poin yang didapatkan saat menang 3-1 atas Iran, sementara di dua laga sebelumnya mereka tunduk 2-1 dari Argentina dan dikalahkan Nigeria 1-0.

Meski menuai kritik dari sejumlah mantan punggawa timnas Bosnia dan media, Susic mengaku berharap mereka dapat lolos ke Piala Eropa 2016.

"Dan saya harap kami akan mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan di Brasil," katanya.

Bosnia tergabung di Grup B kualifiasi Piala Eropa 2016 bersama Belgia, Israel, Wales, Siprus dan Andorra, demikian AFP.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014