London (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Inggris William Hague mengatakan ia akan membahas dorongan internasional bagi dilakukannya gencatan senjata di Gaza dengan Menlu Amerika Serikat, Jerman dan Prancis dalam pertemuan mereka di Wina, Minggu.

Hague mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Sabtu bahwa pembahasan tentang upaya mengakhiri permusuhan antara Israel dan Gaza itu akan berlangsung di sela-sela pembicaraan soal program nuklir Iran di ibu kota Austria.

"Jelas sekali bahwa kita perlu aksi internasional yang terpadu untuk mewujudkan gencatan senjata, seperti pada tahun 2012" saat berlangsungnya putaran terakhir konflik antara Israel dan gerilyawan di daerah kantong perairan Palestina, kata Hague.

"Saya akan membahas hal ini dengan (Menteri Luar Negeri Amerika Serikat) John Kerry, (Menlu Prancis) Laurent Fabius) dan (Menlu Jerman) Frank-Walter Steinmeier besok (Minggu) di Wina."

Ia juga mengatakan dirinya sudah berbicara melalui sambungan telepon pada Sabtu dengan presiden Palestina Mahmud Abbas serta Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman setelah 127 orang kehilangan nyawa mereka dalam serangan udara yang dilancarkan Israel selama lima hari.

"Saya menekankan pentingnya segera menurunkan ketegangan serta mengembalikan gencatan senjata November 2012, keprihatinan kami yang sangat mendalam atas jumlah warga sipil yang menjadi korban meninggal dan pentingnya kedua belah pihak untuk menghindarkan terlukanya warga sipil serta hilangnya nyawa orang-orang yang tidak bersalah," kata Hague. Demikian laporan AFP.

(Uu.T008)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014