... melayani rute ke seluruh daerah di Indonesia dengan kapasitas 1.500-2.500 orang... "
Jakarta (ANTARA News) -  Mengantisipasi arus mudik dan balik Lebaran kali ini, sembilan kapal PT Pelni disiapkan di terminal keberangkatan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

"Kami dan PT Pelni menyiagakan sembilan unit kapal bagi para pemudik yang melayani rute ke seluruh daerah di Indonesia dengan kapasitas 1.500-2.500 orang," kata Kepala Terminal Penumpang Nusantara II, Syawaludin, di Jakarta, Selasa.

Sembilan kapal yang disiapkan untuk mudik lebaran di pelabuhan Tanjung Priok antara lain KM Ceremai, KM Bukit Raya, KM Sinabung, KM Kelud, KM Dobonsolo, KM Bukit Siguntang, KM Dorolonda, KM Labobar, dan KM Gunung Dempo.

Kapal angkutan mudik lebaran pertama yang berangkat dari Terminal Nusantara adalah KM Dobonsolo, mengangkut kurang lebih 3.000 pemakai jasa pelayaran tujuan Surabaya, Sorong, dan Makassar.

Syawaludin juga menjelaskan, biasanya pemakai jasa pelayaran untuk mudik paling banyak adalah dengan tujuan Aceh, Padang, Bangka, Palembang dan Batam, antara H-10 sampai H-3 menjelang Lebaran.

Kali ini, diperkirakan jumlah pemakai jasa pelayaran untuk keperluan mudik dari Pelabuhan Tanjung Priok sekitar 35.000 orang

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014