Jakarta (ANTARA News) - Sebagian perempuan ingin tampil cantik tetapi enggan repot mengenakan riasan berlebihan. Berikut tips riasan sederhana untuk para perempuan yang aktif berkegiatan di luar ruangan menurut penata rias wajah, Carolina Septerita. 

1. Sebelum mengenakan riasan, kenakan tabir surya surya terlebih dulu, agar kulit menjadi lembab dan terlindungi dari dari paparan sinar matahari. Diamkan sebentar. 

2. Setelah mengaplikasikan tabir surya, gunakan produk BB Cream yang mengandung oil control dan berbahan dasar air. Menurut Carolina, produk berbahan dasar air lebih menyerap ke semua jenis wajah, dibandingkan produk yang berbahan dasar minyak. 

3. Aplikasikan bedak sesuai warna kulit. 

4. Pakailah maskara untuk membuat mata terlihat lebih terang.

5. Kenakan eyeliner pensil di bagian pertumbuhan bulu mata, agar garis mata terlihat. Tidak perlu aplikasikan eyeliner di bawah mata, karena jika terkena sinar matahari akan meluber. 

6. Untuk bagian alis mata, kita bisa menggunakan maskara kering yang digradasi. 

7. Jangan lupa menggunakan blush on. Bila ingin tampil alami pilihlah warna oranye muda. 

8. Aplikasikan lipstik yang berwarna nude atau sesuai warna dengan warna bibir, seperti krem atau peach. Jangan lupa tambahkan, sedikit glossy supaya bibir tidak kering. 

Carolina mengatakan, di samping riasan, kita juga perlu merawat wajah seintensif mungkin. 

Pertama, gunakan susu pembersih, lalu angkat menggunakan tisu ke arah atas. Setelah itu gunakan, cairan pencuci wajah atau facial wash, untuk menghilangkan lemak-lemak dari sisa susu pembersih. 

Terakhir, gunakan toner. Diamkan beberapa menit agar toner menyerap ke kulit. Lalu gunakan krim malam untuk memberikan nutrisi pada kulit.

Pewarta: Lia W Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014