Wina (ANTARA News) - Organisasi Keamanan dan Kerja Sama di Eropa (OSCE) yang mengawasi situasi keamanan di Ukraina timur menggelar sidang darurat, Jumat, untuk membicarakan kecelakaan pesawat Malaysia Airlines.

"Satu pertemuan khusus Dewan Permanen OSCE diselenggarakan hari ini pada pukul 12.30 waktu setempat (17.30 WIB) menyangkut jatuhnya pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 di Ukraina timur," kata organisasi itu dalam satu pernyataannya.

Badan keamanan yang bermarkas di Wina itu memiliki tim-tim pemantau di Ukraina selama beberapa bulan, dan telah berusaha menengahi perundingan antara Moskow dan Kiev serta kelompok-kelompok separatis lokal di daerah Ukraina timur untuk menghentikan kerusuhan di wilayah itu.

Dalam satu pernyataan Jumat, Kelompok Kontak tiga pihak itu sepakat memberikan "akses aman dan jaminan keamanan" kepada para penyelidik nasional dan internasional di daerah yang berada dalam kekuasaan mereka, setelah musibah pada Kamis itu.

Ini termasuk akses aman ke lokasi itu bagi para pemantau OSCE, dengan pihak separatis juga mengatakan mereka akan menutup daerah itu tempat musibah itu terjadi dan mengizinkan pihak berwenang lokal untuk mencari mayat-mayat para korban.

(Uu.H-RN)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014