Los Angeles (ANTARA News) - Sekuel fiksi ilmiah "Dawn of the Planet of the Apes" merajai box office Amerika Serikat dan Kanada dua pekan berturut-turut, mengalahkan film horor, animasi keluarga dan komedi dewasa. 

"Apes" mengumpulkan 36 juta dolar AS dalam penjualan tiket domestik selama Jumat sampai Minggu menurut estimasi Rentrak, film musim panas kedua yang berada di puncak box office dua akhir pekan berturut-turut.

Menurut distributor 20th Century Fox, unit dari Twenty-First Century Fox, sekuel  film "Rise of the Planet of the Apes" (2011) itu meraup sekitar 242 juta dolar AS dari seluruh dunia sejak debutnya pada 11 Juli.

Sementara film berbiaya rendah "The Purge: Anarchy" berada di peringkat kedua dengan pendapatan 28,4 juta dolar AS dari penjualan tiket.

Lanjutan dari film musim panas populer "The Purge" (2013) dengan biaya produksi sembilan juta dolar AS itu dibuat oleh Jason Blum.

"Ini akan menjadi film yang super menguntungkan bagi studio," kata Nikki Rocco, presiden distribusi domestik Universal Pictures, unit dari Comcast Corp yang merilis film itu.

Rocco menambahkan pendapatan 28 juta dolar AS pada pembukaan "lebih baik dari yang kami harapkan di pasar yang sedang tertekan untuk film-film jenis ini."

Film baru lainnya, animasi "Planes: Fire and Rescue" dari Walt Disney, menduduki posisi ketiga dengan perolehan 18 juta dolar AS dan komedi "Sex Tape" menyusul di peringkat keempat dengan pendapatan 15 juta dolar AS.

Dalam film "Planes: Fire and Rescue" yang berbiaya 50 juta dolar AS, aktor dan komedian Dane Cook menyulih suara pesawat pembersih yang bergabung dengan tim penyelamat untuk mengatasi kebakaran.

Film "Sex Tape" yang menurut studio Sony Corp berbiaya 40 juta dolar AS dibintangi oleh Cameron Diaz dan Jason Segel, yang menjadi  pasangan menikah yang secara tak sengaja mengunggah video mereka ke Internet.

"Kami berharap mendapatkan lebih banyak dari domestik," kata Rory Bruer, presiden distribusi global Sony merujuk pada pendapatan penayangan perdana.

"Tapi pada akhir kami akan mendapat keuntungan," katanya serta menambahkan bahwa dalam lingkup internasional film itu setara dengan film komedi hit Diaz sebelumnya, "Bad Teacher."

Pada posisi kelima ada film musim panas populer "Transformers: Age of Extinction" yang dibintangi oleh Mark Wahlberg dengan pendapatan kotor akhir pekan 10 juta dolar AS dari Amerika Serikat dan total pendapatan 227 juta dolar AS, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014