Laporan dari pihak keamanan dan fakta di daerah kita masih aman. Selaku Gubernur, saya mengimbau agar masyarakat dapat menjaga situasi kondusif."
Medan (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho menegaskan hingga Selasa malam pascapenetapan hasil suara Pemilu Presiden, kondisi keamanan daerah itu masih terjaga.

"Laporan dari pihak keamanan dan fakta di daerah kita masih aman. Selaku Gubernur, saya mengimbau agar masyarakat dapat menjaga situasi kondusif," katanya di Medan, Selasa.

Dia menegaskan, masyarakat harus menerima dengan lapang dada hasil keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Siapapun yang menang di Pilpres tahun 2014 ini merupakan kemenangan semua rakyat Indonesia. Untuk itu saya mengajak warga Sumut menjaga kebersamaan dan kekondusifan di daerah ini," katanya.

Gatot menjelaskan, pascapengumuman Pilpres 2014 dengan kemenangan pasangan Jokowi-Jusuf Kalla, dia sudah melakukan kontak melalui telepon dengan Kapolda Sumut Irjen Pol Syarief Gunawan dan Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Istu Hari menanyakan situasi keamanan dan dilaporkan masih terjaga cukup baik.

Walaupun, berdasarkan laporan sebelumnya, sempat ada kelompok mahasiswa yang berencana melakukan aksi konvoi dengan turun ke jalan.

Pengamatan di Medan, pascapenetapan suara Pilpres, suasana di sejumlah lokasi seperti di jalan raya dan plaza terlihat sepi dari biasanya.

"Iya agak sepi tadi di jalanan. Mungkin ada kekhawatiran rusuh, setelah pengumuman," kata seorang pengusaha yang enggan disebut identitasnya.


Tidak Berkomentar

Menjawab pertanyaan tentang kemenangan Jokowi-Jusuf Kalla di Sumut, Gatot yang menjadi Ketua Tim Pemenangan kubu Prabowo-Hatta di daerah setempat, tidak bersedia memberi komentar.

Namun Gatot mengakui, akan ada evaluasi-evaluasi yang akan dilakukan.

"Ya, akan ada evaluasi, tapi nanti evaluasinya dalam tim," katanya. (E016/T007)

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014