Turki terkenal dengan bangunan arsitektur masjidnya yang indah. Namun Masjid Yesil yang terletak di Adana , Turki Selatan, menjadi sangat menarik karena diselimuti tanaman hijau yang indah.

Masjid Yesil terlihat seperti masjid taman berdaun. Masjid ini disebut sebagai masjid paling indah dan mempesona di Adana. Masjid ini terkenal dengan tetesan daun ivy yang terjadi ketika musim dingin dan menjadi hujan di musim semi

Menurut Presiden Asosiasi , Kadir yang dilansir Worldbulletin , "Tidak ada niatan untuk membuat masjid yang berbalut tanaman. Ketika itu tanaman ivy hanya menghiasi bangunan saja,  tetapi takut ivy tersebut merusak kontruksi bangunan sehingga diganti dengan tanaman ivy jenis lain dari gunung Toros ,"

"Dengan konstruksi bangunan yang diselimuti tanaman, sinar matahari tentu tidak membuat panas masjid. Kelembaban ivy pun sangat tinggi di Adana selama musim panas," tambahnya .

Masjid ini di bawah tanggung jawab Protection and Sustenance Association Masjid Yesil sejak tahun 1965. Dan sejak saat itu tidak pernah mengalami renovasi yang fatal. Masjid Hijau ini dibangun oleh Salih Efendi dari Bosnia dengan dukungan Mustafa Kemal Attaturk pada 1930 di bawah tanggung jawab kantor Mufti Yuregir.

Penerjemah: Intan

Penerjemah: .
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014