Saat ini pemasangan jembatan darurat sepanjang 60 meter telah selesai, dan lalu lintas sejak (Sabtu, 26/7) pukul 18.30 WIB tadi telah dibuka
Jakarta (ANTARA News) - Jembatan Cibaruyan di daerah Ciamis, Jawa Barat, sudah bisa dilewati oleh para pemudik setelah dipasangi bailey (jembatan darurat) dan rencananya akan dibuka kembali secara resmi pada hari ini.

"Saat ini pemasangan jembatan darurat sepanjang 60 meter telah selesai, dan lalu lintas sejak (Sabtu, 26/7) pukul 18.30 WIB tadi telah dibuka," kata Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional IV Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Bambang Hartadi dalam rilis Pusat Komunikasi Publik Kementerian PU, yang diterima di Jakarta, hari ini.

Menurut Bambang Hartadi, jembatan tersebut mamang rencanannya akan dibuka secara resmi oleh pihak kepolisian hari ini, namun saat ini sudah dilewati kendaran arus mudik.

Sementara itu, Direktur Bina Pelaksanaan Wilayah II Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PU Adriananda mengatakan, penggunaan bailey adalah untuk sementara karena perbaikan jembatan Cibaruyan yang asli agar permanen membutuhkan waktu yang cukup lama.

Adriananda mengungkapkan, jembatan tersebut dibangun tahun 1982 menggunakan APBD karena dulunya merupakan milik pemerintah Provinsi dan ditingkatkan jadi jalan nasional.

"Memiliki panjang 28,4 m dengan pondasi langsung, hanya karakteristik air sejajar dengan jembatan, sehingga selanjutnya akan di lakukan kerjasama dengan Ditjen SDA (Sumber Daya Air) untuk normalisasi sungainya," tutur Adriananda.

Sebagaimana diberitakan, penanganan kerusakan Jembatan Cibaruyan di Ciamis, Jawa Barat, yang pondasinya mengalami longsor sehingga mengganggu jalur arus mudik diperkirakan selesai akhir pekan ini sehingga dapat dilalui kembali oleh pemudik.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014