Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta keluarga menunaikan sholat Idul Fitri 1435 H di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin pagi.

Kepala Negara yang mengenakan jas hitam, kemeja putih dan peci hitam itu terlihat berada di barisan terdepan dengan didampingi oleh Wakil Presiden Boediono dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II dan duta besar negara sahabat.

Sementara itu Ibu Ani Yudhoyono berada di barisan terdepan khusus jemaah perempuan dengan didampingi Ibu Herawati Boediono.

Shalat Idul Fitri yang dimulai sekitar pukul 07.00 WIB itu diimami oleh Drs H. Hassanudin Sinaga MA. Sementara bertindak sebagai Khotib adalah Guru Besar UIN Prof Dr H Maskuri Abdillah.

Semenjak pukul 06.00 WIB, ribuan umat Muslim yang ingin menunaikan sholat Idul Fitri di masjid tersebut tampak sudah mulai berdatangan. Mengingat Presiden dan para pejabat negara melakukan sholat di masjid tersebut para jemaah harus terlebih dahulu melewati pos pemeriksaan.

Seusai melakukan sholat Idul Fitri, Presiden dan keluarga akan menggelar "open house" di Istana Negara.

Acara "open house" tersebut dibagi menjadi empat sesi yaitu sesi pertama pada pukul 08.50 WIB sampai dengan 10.00 WIB yang ditujukan untuk keluarga inti Presiden dan Ibu Ani Bambang Yudhoyono yang dilanjutkan dengan keluarga besar dan perangkat kepresidenan Inti.

Sesi kedua pada pukul 10.00 WIB sampai dengan 10.15 WIB adalah "open house" dengan Wakil Presiden Boediono dan keluarga besarnya.

Kemudian sesi ketiga pada pukul 10.30 WIB sampai dengan 12.30 WIB, Presiden beserta keluarga akan menerima para pimpinan lembaga negara, duta besar/corps diplomatik, menteri, Panglima TNI Jenderal Moeldoko , Kapolri Jenderal Polisi Sutarman, anggota lembaga negara, mantan menteri, gubernur, kepala lembaga pemerintah nonkementerian, Pejabat TNI dan Polri.

Sesi terakhir pada pukul 15.30 WIB hingga 17.00 WIB ditujukan bagi masyarakat umum.

Perayaan Idul Fitri kali ini adalah kesempatan terakhir bagi Presiden Yudhoyono menggelar "open house" di Istana Negara mengingat Presiden Yudhoyono akan mengakhiri masa jabatannya pada Oktober nanti.

Sebelumnya, Presiden Yudhoyono melalui akun twitter @SBYudhoyono menyampaikan ucapan selamat merayakan Idul Fitri kepada seluruh rakyat Indonesia terutama yang beragama Islam.

"Saya dan keluarga mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1435 H. Mohon maaf lahir dan batin.Semoga ibadah kita mendapat ridho Allah SWT," demikian tweet Presiden.

Sebelumnya dalam tweetnya, presiden juga menyampaikan agar masyarakat yang mudik berhati-hati di jalan dan mengutamakan keselamatan.

"Bagi saudara saudara yang akan mudik Lebaran hati- hati di jalan utamakan keselamatan sampaikan salam untuk keluarga di rumah". (G003/A011)

Pewarta: GNC Aryani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014