Bandarlampung (ANTARA News) - Satu pelton pasukan Brimob Polda Lampung dikirim ke Kabupaten Tanggamus untuk membantu menjaga stabilitas keamanan Desa Sukaraja pasca-kerusuhan.

"Polda Lampung mengirimkan satu pelton Dalmas dan satu pelton Brimob untuk membantu Polres Tanggamus menjaga situasi di sana," kata Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih saat dihubungi di Bandarlampung, Kamis.

Desa Sukaraja, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus berangsur kondusif setelah rusuh pada Rabu (30/7) sekitar pukul 22.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB, kata Sulistyaningsih.

Semua personel pengamanan berada di bawah komando Kapolres Tanggamus AKBP Adri Effendi.

Kerusuhan bermula ketika Kudai (27), asal Desa Karang Agung, yang tertangkap basah hendak mencuri motor dihakimi massa hingga tewas di Desa Sukaraja.

Kemudian sekelompok warga dari empat desa, yakni dari Pekon Karang Agung, Pekon Padawaras, Pekon Way Kerap, dan Pekon Bandar Negeri Semoung datang membalas dendam ke Desa Sukaraja dan membakar 10 rumah warga.

Selain rumah, mobil L300 dan satu unit sepeda motor pun ikut terbakar, bukan hanya itu massa yang diperkirakan berjumlah 500 orang sempat menjarah rumah penduduk.

Pewarta: Roy Baskara Pratama
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014