Bogor (ANTARA News) - Taman wisata Kebun Raya Bogor di Jawa Barat telah dikunjungi rata-rata 15.000 orang per hari selama libur Lebaran 2014 ini.

Jumlah itu berarti naik 50 persen dibanding kunjungan per hari pada Lebaran tahun lalu yang hanya 10.000 orang, menurut Petugas Pengawasan Pelayanan Jasa Kebun Raya Bogor Upun Punijar.

"Selama enam hari ini total jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor sudah 75.306 orang baik domestik maupun mancanegara, jika di rata-ratakan per hari sebanyak 15.000 orang. Ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya," kata Upun di Bogor, Sabtu.

Upun menjelaskan, ada beberapa faktor yang menyebabkan tingkat kunjungan wisatawan ke Kebun Raya Bogor meningkat dari tahun sebelumnya, selain karena momen liburannya yang singkat, juga didukung cuaca.

Ia menyebutkan, Lebaran 2013 lalu, masa liburan cukup panjang yakni selama 11 hari, dengan total pengunjung yang datang ke Kebun Raya Bogor sekitar 111.000 orang, atau rata-rata 10.000 per hari.

"Tahun ini libur Lebaran hanya tujuh hari. Di hari keenam total pengunjung sudah mencapai 75.306 orang," kata Upun.

Kebanyakan pengunjung merupakan wisatawan domestik yang datang dari berbagai daerah baik Jabodetabek, Badung, Tasik, Garut, hingga Sumatera.

Selain domestik, jumlah wisatawan asing juga cukup banyak yang mengunjungi Kebun Raya Bogor selama musim libur Lebaran ini yakni mencapai 895 orang selama enam hari ini.

"Karena momennya bertepatan dengan musim libur di wilayah Eropa yakni Juni-Juli-Agustus, jadi banyak wisatawan asing yang sebagian besar dari Belanda, Eropa, USA, Jepang yang datang berkunjung," kata Upun.

Wisatawan asing, selain menikmati keindahan alam di Kebun Raya Bogor, mereka juga mencari tahu asal muasal serta nama tanaman yang terdapat di kebun peninggalan Belanda tersebut.

Sementara wisatawan domestik sebagian besar datang bersama keluarga, menghabiskan waktu dengan berkumpul bersama menikmati suasana alam sambil makan bersama di tengah rerumputan atau di bawah rindangnya pepohonan.

Upun memprediksi pada hari terakhir libur Lebaran yakni Minggu besok, jika cuaca tidak hujan, jumlah pengunjung akan lebih banyak dibanding hari-hari sebelumnya. Mengingat kebiasaan yang sudah terjadi sebelumnya, setiap akhir masa liburan jumlah pengunjung melonjak tinggi.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014