Kalau pun tidak cukup, kita sudah siapkan sebanyak delapan unit di Rusun Daan Mogot, Jakarta Barat."
Jakarta (ANTARA News) - "Nanti bulan September warga sudah bisa pindahan dan mulai menempati unit-unit kamar yang ada di rusun ini," kata Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta Joko Widodo (Jokowi) di Rumah Susun (Rusun) Muara Baru, Jakarta Utara. Senin.

Jokowi menjelaskan, rusun tersebut akan ditempati oleh warga pindahan dari kawasan Waduk Pluit, Jakarta Utara, pasca-sosialisasi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Rusun Muara Baru ini mampu menampung sekitar 800 kepala keluarga. Kalau pun tidak cukup, kita sudah siapkan sebanyak delapan unit di Rusun Daan Mogot, Jakarta Barat," ujarnya.

Presiden RI terpilih berdasarkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu menambahkan, Rusun Muara Baru menjadi lingkungan pemukiman yang baik bagi warga, terutama anak-anak, karena dilengkapi dengan Ruang Terbuka Hijau (RTH), perpustakaan, dan area bermain.

Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta Jonathan Pasodung dalam kesempatan yang sama mengatakan, terdapat dua menara (tower) di rusun tersebut yang dapat dihuni warga.

"Sampai saat ini proses pembangunan kedua tower tersebut sudah sekitar 90 persen. Sejauh ini tidak ada kendala selama proses pembangunannya," katanya.

Dia mengatakan, rusun yang dibangun sejak Juli 2013 di lahan seluas 3,4 hektare itu menggunakan dana program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) dari PT Jaladri Kartika Pakci dan PT Kapuk Niaga Indah.

"Tanggal 30 September nanti rusun tersebut akan diserahkan kepada kami. Setelah itu langsung kami serahkan kepada warga untuk segera ditempati," demikian Jonathan. (*)

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014