Deenpasar (ANTARA News) - Pengurus Besar Federasi Olahraga Kabaddi Indonesia (PB FOKSI) akan menggelar kejuaraan kabaddi di internal Korem 163/Wirasatya, sebagai salah satu kegiatan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Kemerdekaan RI di lapangan Korem Denpasar, 12-13 Agustus 2014.

"Kejuaraan ini pertama kalinya digelar di Bali dan Indonesia, khususnya dalam rangka memperingati HUT ke-69 Kemerdekaan RI yang diselenggarakan oleh Internal Korem 163/Wirasatya," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB FOKSI, Ida Bagus Antara di Denpasar, Senin.

Ia mengatakan dalam kejuaraan tersebut akan mempertandingkan cabor kabaddi di nomor beach yang diikuti sebanyak 24 tim dari jajaran Korem 163/Wirasatya seperti Kodim atau Koramil kabupaten/kota di Bali.

"Dipilihnya nomer beach kabaddi tersebut karena nomor itu menggunakan sistim pertandingan yang sangat sederhana, mudah dilakukan, serta mudah juga bagi wasit untuk memimpin dalam pertandingan itu," ujarnya.

Antara menuturkan kejuaraan tersebut didukungan penuh oleh Pangdam IX/Udayana saat melakukan "audiensi" kabaddi beberapa waktu lalu itu.

Pada kejuaraan tersebut, pihaknya menurunkan 10 wasit yang berasal dari atlet kabaddi Indonesia untuk mememimpin pertandingan tersebut.

"Mereka berpengalaman bertanding ke luar negeri seperti India, Thailand, Jepang, Vietnam dan Taiwan," ujarnya.

Pihaknya mengharapkan para wasit yang diturunkan untuk memimpin kejuaraan kabaddi tersebut mampu menjalankan tugasnya dengan baik di lapangan.

Ia menambahkan kejuaraan kabaddi tersebut melibatkan jajaran Korem 163/Wirasatya itu sebagai upaya menyosialisasikan olahraga tersebut sehingga ke depannya ada tim kabaddi dari umum.

"Saat ini olahraga yang populer di negara India itu masih dalam tahap sosialisasi kepada kalangan pelajar dan akan menyasar ke sekolah-sekolah yakni SMP, SMA dan beberapa perguruan tinggi di Bali seperti Undiksha Singaraja dan IKIP PGRI Bali," ujarnya.

(KR-SRW/I006)

Pewarta: I Made Surya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014