Washington (ANTARA News) - Pasukan militer Amerika Serikat melanjutkan serangan udara terhadap pasukan Negara Islam Irak dan Levant (Islamic State of Iraq and the Levant/ISIL) pada Sabtu (16/8) dengan gabungan pesawat tempur dan pesawat yang dikendalikan dari jauh.

Pesawat dari Komando Pusat Amerika Serikat berhasil melancarkan serangan di dekat Arbil dan Bendungan Mosul di Irak Utara di bawah wewenang untuk mendukung upaya kemanusiaan di Irak, serta melindungi personel dan fasilitas Amerika Serikat, demikian pernyataan Komando Pusat Amerika Serikat seperti dikutip kantor berita Xinhua.

Menurut pernyataan itu, sembilan serangan udara yang sejauh ini dilancarkan menghancurkan atau merusak empat kendaraan lapis baja pengangkut personel, tujuh kendaraan yang dilengkapi senjata, dua Humvee dan satu kendaraan lapis baja.

Sementara semua pesawat Amerika Serikat, menurut pernyataan itu, bisa kembali dari lokasi serangan dengan selamat.

Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada Sabtu menyatakan bahwa selama dua hari belakangan, pasukan militer Amerika Serikat melancarkan beberapa serangan udara terhadap pasukan ISIL di dekat satu desa yang berada di sebelah selatan Gunung Sinjar, dan berhasil menghancurkan lima kendaraan pasukan ISIL yang dilengkapi bersenjata. (Uu.C003)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014