Banjarmasin (ANTARA News) - Menteri Pertahanan (Menhan), Purnomo Yusgiantoro, yakin bahwa keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan pilpres bisa diterima oleh semua pihak sehingga semuanya bisa berjalan dengan tenang.

"Kami sudah memantau, semuanya berjalan dengan baik, dan saya yakin besok juga akan berjalan dengan baik, karena rakyat sudah paham betul cara berdemokrasi," kata Menhan usai menjadi inspektur upacara pengukuhan KRI Banjarmasin-592, di Banjarmasin, Rabu.

Ia menyatakan, sudah melakukan komunikasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan ketua MK Hamdan Zoelva, bahwa pelaksanaan persidangan gugatan pilpres berjalan lancar.

Selain itu, kata dia, berdasarkan laporan yang masuk, untuk acara penetapan keputusan MK pada Kamis (21/8) siang, tidak ada masalah, dan semuanya diharapkan akan berjalan dengan tenang.

Menhan berharap, seluruh pihak terkait, bisa menyadari bahwa kemenagan itu ada pada bangsa dan rakyat Indonesia, sehingga pilpres berjalan dengan damai hingga saat ini.

"Orang luar juga menilai bahwa pilpres kali ini berjalan dengan baik dan damai, kalaupun ada gejolak skalanya hanya kecil dan berada pada tingkat makro," katanya.

Namun demikian, tambah dia, pihaknya tetap waspada untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi, sehingga pengamanan ketat tetap dilakukan.

Dia juga menambahkan, bahwa pihaknya telah berbagi tugas, yaitu Panglima TNI akan tetap berjaga dan mengamankan Jakarta, selama menunggu pengumuman keputusan MK.

(U004/B008)

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014