Ternate (ANTARA News) - Pencari kerja di Ternate, Maluku Utara (Malut), memanfaatkan hari libur akhir pekan dengan memadati warung internet (warnet) guna mencari informasi mengenai seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Salah seorang pencari kerja di Ternate, Wahyuni Muhammad, mengaku harus ke warnet karena lowongan seleksi CPNS dibuka online.

Menurutnya, sejak diumumkan pemerintah pusat melalui Panselnas, dirinya bersama beberapa rekan, rutin mengunjungi warnet.

Meskipun harus rela antre karena banyaknya pencari kerja memenuhi warnet yang tersebar di Kota Ternate, ia berharap pada tahun ini bisa menjadi peserta seleksi CPNS.

Hal senada juga diakui Faraby , salah warga Kelurahan Salero, yang ditemui saat berada pada salah satu warnet di bilangan Kampung Pisang.

Menurut Faraby, meski pemerintah pusat telah mengumumkan pendaftaran, namun sampai saat ini, formasi jabatan untuk kabupaten/kota di Maluku Utara belum dicantumkan.

Seleksi CPNS membuat pengelola warnet ketiban untung hingga mendapat omzet Rp2,5 juta per hari.

"Biasanya jumlah pengunjung warnet hanya berkisar 20 sampai 30 orang, namun dalam dua hari terakhir jumlah naik tiga kali lipat dibanding sebelumnya," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014