Helsinki (ANTARA News) - Amerika Serikat dan Rusia bertemu di satu pulau kecil Finlandia, Boistoe, Juni untuk melakukan pembicaraan rahasia mengenai krisis Ukraina, kata Kementerian Luar Negeri Nordic Selasa.

Kementerian itu mengatakan, pertemuan diadakan di pulau Boistoe di lepas selatan pantai Finlandia, tetapi tidak mengungkapkan siapa-siapa yang turut ambil bagian dalam pertemuan itu, atau pada tingkat apa pertemuan tersebut, dan juga tidak mengungkapkan apa yang dibahas.

"Kementerian Luar Negeri menegaskan bahwa pertemuan itu diselenggarakan dan kementerian membantu atas permintaan dari para pihak (Amerika Serikat dan Rusia)," kata kementerian itu dalam tweet, tanpa memberikan informasi yang lebih spesifik.

Tanggal pasti pertemuan itu juga tidak jelas, tetapi dalam Juni ketika secara keseluruhan adalah periode terus berkembangnya ketegangan antara Rusia dan Barat di tengah-tengah pertempuran yang terus berlanjut di Ukraina timur, antara pasukan pemerintah dan separatis pro-Rusia.

Menteri Luar Negeri Finlandia Erkki Tuomioja dikutip oleh kantor penyiaran publik YLE mengkonfirmasi pertemuan itu terjadi.

"Jika seseorang ingin solusi politik ... semua jenis ini kegiatan tidak resmi dan pertemuan pribadi sangat berguna," katanya menurut YLE. Demikian laporan AFP.

(Uu.H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014