Contohnya ya seperti Jokowi sendiri, dia cepat belajar dan petarung. Dia bisa membuktikan di DKI Jakarta (sebagai Gubernur),"
Jakarta (ANTARA News) - Pengamat politik dari Centre For Strategic and International Studies (CSIS) J. Kristiadi mengatakan Presiden terpilih Joko Widodo membutuhkan jajaran menteri kabinet yang memiliki kemampuan sebagai "petarung" dalam menyikapi tekanan dan situasi di sekitarnya.

"Contohnya ya seperti Jokowi sendiri, dia cepat belajar dan petarung. Dia bisa membuktikan di DKI Jakarta (sebagai Gubernur)," katanya kepada pers di Jakarta, Rabu.

Dalam menyusun kabinetnya, katanya, Jokowi harus konsisten dengan janjinya kepada rakyat untuk mencari orang yang kompeten dan berintegritas tinggi.

Menurut dia, para menteri tersebut harus dapat belajar dengan cepat dengan keadaan sekitarnya, agar segala kebijakannya dapat tepat sasaran kepada rakyat.

Kristiadi menyebut sosok orang seperti Direktur Utama PT KAI Ignasius Jonan memiliki aspek-aspek itu. Jonan disebutnya memiliki kredibilitas dan merupakan seorang "petarung".

"Intinya menteri itu bukan hanya bisa blusukan saja nantinya, tapi berani mengambil kebijakan. Sosok Jonan itu cepat belajar dan petarung juga," ucap dia.

Sejauh ini, Presiden terpilih Joko Widodo sedang mempersiapkan jajaran menteri yang akan mengisi kabinetnya kelak.

Upaya itu diawali dengan membahas dan merumuskan program kabinetnya melalui tim transisi dan kini sedang beradu pandangan dengan sejumlah pimpinan parpol.

Usulan sosok yang tepat mendampingi Jokowi-JK pun berdatangan dari luar parpol, seperti pengamat, di antaranya ada pengamat mengusulkan para pejabat atau kepala daerah yang berhasil juga dilibatkan, seperti Risma (Surabaya) atau Ridwan Kamil (Bandung).

(R028/E011)

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014