Kami mendeteksi ada 20 calon haji asal Tasikmalaya dengan tingkat kesehatan berisiko tinggi
Bekasi (ANTARA News) - Sebanyak 450 calon haji kelompok penerbangan perdana asal Tasikmalaya, Jawa Barat, tiba di Embarkasi Haji Jakarta-Bekasi lebih cepat dua jam dari agenda awal.

"Agenda awal kedatangan kloter perdana di embarkasi pukul 10.00 WIB, namun mereka tiba lebih cepat sekira pukul 08.0WIB," ujar Penanggung Jawab Keamanan Embarkasi Jakarta-Bekasi Abdul Rasyid di Bekasi, Jawa Barat, Minggu.

Menurutnya, perjalanan para calon haji dari Tasikmalaya menuju embarkasi di Jalan Kemakmuran, Bekasi Selatan, lebih cepat karena tidak ada hambatan lalu lintas.

Para calon haji tersebut tiba di embarkasi menggunakan 10 armada bus dengan menempuh perjalanan selama lebih kurang dua jam.

Setibanya di embarkasi, para jemaah langsung memasuki area asrama melalui ruang Musdalifah.

Sejumlah barang bawaan jemaah diperiksa oleh petugas bandara guna mengantisipasi terbawanya barang terlarang seperti, benda tajam, benda mudah terbakar dan lainnya. Sekain itu, jemaah juga mengikuti agenda pemeriksaan kesehatan oleh tim kesehatan dari Pemprov Jabar.

"Kami mendeteksi ada 20 calon haji asal Tasikmalaya dengan tingkat kesehatan berisiko tinggi," kata Kepala Bidang Kesehatan Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi, Ananto Prasetya Hadi.

Para calon haji tersebut selanjutnya diagendakan mengikuti seremonial pelepasan pemberangkatan oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan yang diwakili oleh Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar sekira pukul 16.00 WIB.

Usai seremonial, mereka akan kembali ke asrama untuk beristirahat, untuk selanjutnya diberangkatkan menuju Bandara Halim Perdanakusuma pada Senin (1/9) pukul 07.00 WIB.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014