Bandung (ANTARA News) - Sebanyak 444 jamaah haji kloter pertama dari Kabupaten Tasikmalaya, Jabar, siap diberangkatkan ke Tanah Suci, 1 September 2014.

"Kloter satu ini, jamaah haji yang diberangkatkan berasal dari Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 444 orang," kata Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar usai melepas jamaah haji kloter pertama di Asrama Haji Jabar, Bekasi, Minggu.

Para jamaah haji itu didampingi enam petugas dengan jadwal penerbangan pesawat Saudi Arabia Airlines di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta, sekitar pukul 10.00 WIB.

Pelepasan pertama jamaah haji itu dihadiri Kepala Kanwil Kementerian Agama Jabar, Kepala Biro Yansos Sekretariat Jabar, dan Kepala Kanwil Kementerian Agama Kapaten Tasikmalaya.

Deddy mengimbau, para jamaah dapat menjaga kesehatan agar kegiatan ibadah dapat dilaksanakan secara tuntas tanpa menderita sakit.

"Saya mengimbau agar senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran sebagai bekal penting untuk ibadah khusyuk, sehingga kemabruran akan diraih," kata Deddy.

Ia menjelaskan, alasan kebugaran fisik perlu dijaga untuk menghindari virus seperti corola dan ebola yang menjangkit warga dibeberapa negara.

Deddy juga mengingatkan, selalu memakai masker atau penutup mulut dan hidung serta memperbanyak minum untuk menghindari debu dampak pembangunan perluasan Masjidil Haram yang masih berlangsung.

Jumlah keseluruh jamaah haji siap diberangkatkan asal Jabar sebanyak 29.888 jamaah tergabung dalam 68 kloter serta 408 petugas Haji.

Para jamaah itu diberangkatkan untuk melaksanakan ritual ibadah rukun Islam ke-5 mulai tanggal 1 sampai 27 September 2014.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014