London (ANTARA News) - Talenta asing kelas dunia di Liga Utama Inggris dapat membantu para pemain Inggris berkembang, meski sebagian besar di antaranya akan memulai pertandingan dari bangku pemain cadangan, kata pelatih Inggris Roy Hodgson, Selasa.

"Sejumlah pemain kami akan terpilih dari bangku pemain cadangan di level klub, yang tidak akan diperhitungkan lima atau sepuluh tahun silam," kata Hodgson kepada para pewarta sebelum pertandingan persahabatan Rabu (3/9) malam melawan Norwegia di Stadion Wembley, lapor Reuters.

"Namun jika mereka terpilih dan terlibat, maka itu dapat menjadi keuntungan bagi para pemain kami dan sangat membantu untuk Inggris."

Standar di Liga Utama Inggris telah membuat negara itu menjadi magnet bagi para pemain kelas dunia, tambah Hodgson, yang timnya akan melawat ke Swiss - yang timnasnya pernah dilatihnya - untuk memainkan pertandingan pertama kualifikasi Piala Eropa 2016 Senin depan.

Ia mengatakan kepindahan penyerang Inggris Danny Welbeck dari Manchester United ke Arsenal dengan biaya transfer 16 juta pound pada Senin merupakan bonus bagi sang pemain.

"Saya turut senang untuknya. Terdapat kompetisi luar biasa untuk posisi-posisi (inti) dan ia sekarang berada di klub di mana ia mungkin dapat tampil sejak awal lebih banyak," ucapnya.

Hodgson juga bersemangat mengenai talenta muda yang tersedia di Inggris, meski terdapat kekecewaan terkait catatan buruk timnas mereka pada Piala Dunia di Brazil tahun ini.

"Saya memiliki perasaan bahwa para pemain tidak sabar untuk memulai kampanye baru dengan pertandingan sulit pada Rabu," tuturnya.

"Ini adalah tim yang mengandung banyak talenta dan saya pikir salah satu tim dengan potensi besar."

Terdapat spekulasi di media yang mengatakan bahwa jumlah penonton untuk pertandingan Rabu akan berkurang karena torehan sejumlah hasil pertandingan terakhir, namun kapten baru Inggris Wayne Rooney mengatakan ia senang dengan dukungan para penggemar setelah penampilan mengecewakan di Brazil.

Penyerang Manchester United Rooney mengambil alih ban kapten setelah gelandang Liverpool Steven Gerrard pensiun dari timnas.

"Tidak ada gunanya melihat ke belakang," kata Rooney. "Kami memiliki pemain-pemain muda yang masuk (timnas) dan ini merupakan saat-saat yang menarik. Kami memerlukan pemain-pemain muda ini untuk mengembalikan penampilan bagus Inggris."

"Musim panas silam kami semua kecewa. Kami melaju ke turnamen dengan harapan-harapan tinggi, namun sayangnya itu tidak terwujud."


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014