Bangkalan (ANTARA News) - Pemerintah pusat mengalokasikan kuota tambahan calon haji untuk Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, pada musim haji 2014 sebanyak 74 orang, kata Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Bangkalan Abd Hamid.

"Jumlah 74 calon haji asal Bangkalan ini sesuai dengan hasil rapat koordinasi dengan panitia haji Kanwil Kemenag Jatim kemarin," kata Abd Hamid di Bangkalan, Rabu.

Ia menjelaskan, dengan kuota tambahan ini, jumlah calon haji asal Kabupaten Bangkalan yang dipastikan akan berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah sebanyak 583 orang.

Sebelum ada kuota tambahan, katanya, jumlah calhaj asal Kabupaten Bangkalan yang akan berangkat menunaikan ibadah haji dan telah melunasi biaya perjalanan haji hanya sebanyak 509 orang.

"Mereka itu nantinya akan terbagi dalam dua kelompok terbang, yakni kloter 58 dan kloter 61," terang Hamid.

Ia menjelaskan, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh panitia penyelenggara ibadah haji, kloter 58 akan berangkat pada tanggal 24 September 2014 dengan jumlah calhaj sebanyak 138 orang.

"Kalau kloter 61 akan diberangkatkan pada tanggal 25 September 2014 dengan jumlah calhaj 445 orang," kata Hamid.

Ongkos Naik Haji (ONH) di Kabupaten Bangkalan tahun ini mencapai Rp38 juta dengan kurs dolar Rp11.500. Jumlah ini naik sekitar Rp5 juta dari tahu sebelumnya yang berada di kisaran Rp33 juta lebih.

Adapun jumlah calon haji yang menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah kali ini lebih sedikit dibanding tahun lalu. Sebab pada musim haji 2013 warga yang menunaikan ibadah haji sebanyak 679 orang.

(KR-ZIZ/N002)

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014