Pernah beberapa kali dibawakan rujak soto sama tante saya dan cita rasanya sangat khas. Meskipun baru mencicipi, saya langsung suka
Surabaya (ANTARA News) - Puteri Indonesia 2014 Elvira Devinamira Wirayanti memanfaatkan kunjungan pertamanya ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, untuk menikmati kuliner khas daerah setempat berupa rujak soto.

Bagi gadis kelahiran Surabaya, 28 Juni 1993, itu, rujak soto sebenarnya bukan makanan yang asing, karena sebelumnya dia pernah beberapa kali mencicipi kuliner itu, tetapi tidak langsung di daerah asalnya.

"Pernah beberapa kali dibawakan rujak soto sama tante saya dan cita rasanya sangat khas. Meskipun baru mencicipi, saya langsung suka," kata Elvira Devinamira saat menghadiri acara Banyuwangi Batik Festival dan Festival Rujak Soto di Banyuwangi, akhir pekan lalu.

Pemenang Puteri Jawa Timur 2013 itu tidak melewatkan kesempatan untuk menikmati langsung kuliner rujak soto saat sedang berada di kabupaten berjuluk "The Sunrise of Java" tersebut.

"Seharian kemarin habis dua porsi rujak soto, pas makan siang dan malam. Mumpung sedang di Banyuwangi," ujarnya tersipu.

Kuliner rujak soto adalah campuran makanan rujak cingur dengan aroma petis yang kemudian disiram dengan kuah soto daging. Cita rasa kedua makanan berbeda jenis itu pun sangat terasa di lidah penikmatnya.

Pada gelaran Banyuwangi Festival 2014, rujak soto menjadi salah satu potensi kuliner yang diangkat Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam kegiatan festival di Taman Blambangan, Sabtu (20/9).

Dalam kegiatan itu, lebih kurang 192 peserta dari berbagai kalangan ikut berkompetisi membuat menu rujak soto paling enak. Puteri Indonesia Elvira Devinamira juga berkesempatan gabung peserta membuat makanan tersebut.

Tanpa canggung, alumnus Universitas Airlangga itu mengulek bumbu rujak dengan cobek, kemudian mencampur bahan-bahan lain seperti lontong, potongan tahu, sayuran kangkung, kacang panjang, dan lainnya di dalam mangkok, serta mengakhiri sajian itu dengan menambahkan kuah soto berwarna kuning.

"Rasanya kurang asin sedikit," ucap Elvira saat mencicipi rujak soto buatan sendiri.

Selain menikmati kuliner khas Banyuwangi, Elvira Devinamira juga mengunjungi objek wisata Pantai Pulau Merah di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, yang baru tiga tahun terakhir dibuka untuk wisatawan.

"Pantainya indah sekali, tidak kalah dengan panta-pantai yang ada di Indonesia atau negara lain. Pemandangan sunset-nya bagus dan saya sempat mengambil beberapa gambar untuk saya bawa ke ajang Miss Universe di Miami, Amerika Serikat, tahun depan," katanya.

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014