Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya akan merehab ulang ruang tahanan di seluruh jajarannya untuk mengantisipasi agar tidak ada lagi tahanan yang kabur.

"Ruang tahanan di Polres, Polsek maupun Polda akan kami rehab sebagian untuk memperkuat agar tidak bisa lagi dirusak oleh tahanan yang berniat kabur," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, rehab ruang tahanan yang ada di Polda, Polres dan Polsek itu dalam waktu dekat akan dilakukan dan rehab itu tidak dilakukan secara menyeluruh terhadap ruang tahanan.

"Kami akan merehab bagian bagian yang penting dan sistem operasional prosedur (SOP) akan disiapkan," tutur pria berpangkat Komisaris Besar Polisi itu.

Dikatakannya, untuk melaksanakan hal itu semua pihak Polda Metro Jaya telah membentuk tim gunakan melakuka peninjauan dan kontrol.

"Ada beberapa item SOP diantaranya cara mengecek tahanan, jumlah tahanan dari waktu ke waktu dan keadaan ruang tahanan pada saat pengecekan yang dilakukan oleh petugas jaga tahanan," ucapnya saat di ruang kerja.

Rehab dan pembaharuan SOP ruang tahanan itu guna mengantisipasi agar tahanan yang berada di kantor polisi tidak kabur lagi, seperti yang ada di Polsek Pondok Gede.

Untuk diketahui pada Jumat (12/9) dini hari enam tahanan di Polsek Pondok Gede telah berhasil kabur dengan cara menggergaji teralis besi penjara, dan saat ini tiga tahanan sudah berhasil ditangkap dan tiga tahanan lainnya sedang dalam pengejaran.

(SDP-71/R021)

Pewarta: Gunawan W
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014