Jakarta (ANTARA News) - Banyak hal dalam kehidupan bermasyarakat yang mengabaikan sopan santun atau tata krama, hal ini terangkum dalam buku "Small Things That Matter" yang diluncurkan di Jakarta, Rabu (24/9).

"Awal mulanya saya menulis buku ini dari bertemu teman-teman di arisan, organisasi sosial, di situ saya melihat banyak hal yang diajarkan nenek dan orang tua saya yang saat ini mulai bergeser," kata Ria Musiawan, salah satu penulis buku yetebal 140 halaman tersebut.

"Banyak perilaku baik dan penting yang sekarang diabaikan, dianggap tidak perlu lagi, akibatnya tata krama jadi terlupakan dikikis zaman, padahal seharusnya tidak begitu," lanjutnya.

Buku yang ditulis oleh Ria Musiawan dan Sirikit Kumaat ini menyampaikan segala hal terkait tata krama seperti cara bersikap dan bahasa tubuh, etika menggunakan fasilitas umum, etika dalam sebuah perjamuan, hingga tata cara berkomunikasi di jejaring sosial.

"Manners dan etiquette adalah bagian penting dan tidak pernah terlepas dalam hidup kita," kata Sirikit.

Lebih lanjut Sirikit mengungkapkan alasan ia menulis buku dengan tema manners karena hal ini tidak lekang oleh waktu, selalu ada di masa lalu, sekarang, dan akan datang.

"Semoga buku ini bisa berguna bagi masyarakat luas untuk saling mengingatkan bahwa bertutur kata yang baik, manners yang baik adalah hal yang penting dilakukan dalam kehidupan sosial," tambahnya.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014