PBB, AS (ANTARA News) - Tiongkok, Sabtu, mendesak semua pihak terkait untuk menahan diri di semenanjung Korea dan memulai kembali pembicaraan program nuklir Korea Utara sesegera mungkin.

Korea Utara dalam beberapa bulan terakhir berusaha mendorong Amerika Serikat untuk setuju melanjutkan pembicaraan mengenai program nuklirnya, namun Washington dan Seoul bersikeras Pyongyang harus terlebih dahulu menunjukkan komitmen nyata untuk denuklirisasi.

"Pembicaraan enam negara tetap satu-satunya cara yang layak dan efektif untuk menyelesaikan masalah nuklir di semenanjung Korea," kata Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi kepada Majelis Umum PBB.

"Tugas mendesak sekarang adalah untuk memulai kembali perundingan sesegera mungkin," kata Wang menambahkan.

Perundingan-perundingan perlucutan senjata nuklir yang melibatkan kedua Korea, Tiongkok, Amerika Serikat, Rusia dan Jepang itu telah terhenti sejak 2009.

"Para pihak yang bersangkutan semua harus berlatih menahan diri, menahan diri dari membuat provokasi, melakukan hal-hal lainnya yang akan membantu peredaan ketegangan, dan bersama-sama menegakkan perdamaian serta stabilitas di semenanjung Korea," kata Wang, seperti dikutip AFP.

(Uu.H-AK)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014