Hongkong (ANTARA News) - Salah seorang tokoh prodemokrasi Hongkong mengingatkan bahwa demonstrasi akan menyebar bagaikan bunga yang memekar dan meminta warga Hongkong untuk memahami tindakan mereka.

Pendiri Occupy Central Chan Kin-man berkata pada wartawan bahwa demonstrasi akan meluas jika pemerintah bersikukuh pada pendirian garis kerasnya.

"Kami memaklumi mengapa warga kota terus memperluas pendudukan, ini karena pemerintah begitu dingin," kata Chan seperti dikutip AFP.

Occupy Central adalah salah satu pengorganisasi utama demonstrasi yang menyebar ke kota semi otonom itu setelah polisi huru hara menembakkan gas air mata kepada demonstran Minggu sehingga makin mendorong orang bergabung dalam protes jalanan.

Puluhan ribu demonstran berkumpul di pusat-pusat keramaian di Hongkong dalam tiga hari terakhir.  Chan meminta maaf kepada warga kota atas ketidaknyamanan akibat demonstrasi mereka serta memohon toleransi dari warga.

"Saya berharap semuanya akan memahami apa yang tengah kita lakukan ini tidak merugikan Hongkong. Dengan ketidaknyamanan jangka pendek ini, kami berharap membuat sistem yang lebih fair," kata dia.

Demonstran menuntut dua hal, yakni pengunduran diri pemimpin Hongkong Leung Chun-ying dan menuntut Beijing mensahkan penggantinya, demikian AFP.





Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014