Incheon, Korea Selatan (ANTARA News/AFP) - Tim tuan rumah Korea Selatan mengalahkan Korea Utara 1-0 dengan gol dari tendangan terakhir pada babak perpanjangan waktu untuk memenangi medali emas sepak bola putra Asian Games 2014 di Incheon, Kamis.

Pemain bertahan Rim Chang-Woo menjebol gawang dengan gol kemenangan dari jarak dekat yang memberi Korea Selatan gelar keempat mereka dan yang perama sejak 1986.

Saat peluit panjang ditiup beberapa saat kemudian sebanyak 47 ribu penonton meledak dalam kegembiraan sementara para pemain menggelincirkan diri ke rumput yang basah sembari menangis.

Sebagai ganjaran dari kemenangan mereka yang dramatis di Incheon, para pemain Korea Selatan dibebaskan dari wajib militer selama dua tahun.

Tim tuan rumah beruntung bisa selamat dari bahaya besar dalam waktu normal, saat Pak Kwang-Ryong melepaskan sundulan cepat namun membentur mistar gawang setelah 75 menit bagi tim Korea Utara.

Korea Selatan sebagian besar mendominasi namun gagal dalam banyak peluang. Gol kemenangan terjadi dari sepak pojok, yang diselesaikan dengan tembakan voli Rim.

(Uu.I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014