Biasanya penyuluhan cuma orang tua saja, tapi ini keduanya, untuk anak-anak dan orang tua
Jakarta (ANTARA News) - Kasus narkoba yang meneror anak-anak usia sekolah dasar membuat Endang Mikuwati As (Yayasan Sahabat Putra Nusantara) bersama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) sebagai lembaga yang berkonsentrasi pada masalah pemberantasan narkoba menghadirkan  program "Kapten BeNN Goes to School".

"Sedih, sudah ada satu sekolah itu ada anak yang sudah menggunakan, tapi itu yang membuat saya bersemangat dan harus bergerak cepat, " kata Endang dalam acara "Kapten BeNN Goes to School" yang berlangsung di SDN Lebak Bulus 01, Jumat.

Lebih lanjut ia menjelaskan “Kapten BeNN Goes to School” ini terangkum dalam berbagai  tema dan aktivitas, antara lain storytelling untuk para murid sekolah dasar dan talkshow untuk orang tua murid dengan menghadirkan narasumber langsung dari BNN.

"Kalau mau masuk ke anak-anak harus dengan bahasa anak-anak, makanya di tempat anak-anak saya buatkan storytelling (dongeng), jadi ada empat pendongeng seperti drama musikal tapi ada sosoknya kapten BeNN-nya biar perhatiannya jelas nanti tentunya ada pesan-pesan yang disampaikan," ujar Endang.

"Untuk orang tua kami berikan talkshow untuk mengenal bahaya penyalahgunaan narkoba dan upaya pencegahannya," lanjutnya.

Kampanye Kapten BeNN ini merupakan program BNN sesuai dengan Instruksi Presiden RI Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pelaksanaan Kebijakan dan Strategi Nasional di Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), seperti ditulis dalam pernyataan resmi BNN.

Endang menjelaskan kunci dari kegiatan dongeng dan seminar ini adalah agar anak-anak lebih dekat dengan Tuhan, hubungan orang tua dan anak semakin erat, anak-anak dapat menggali potensi diri, membiasakan hidup sehat dan mewaspadai hal-hal yang berpontensi sebagai pintu masuk narkoba.

Program “Kapten BeNN Goes to School” ini disambut positif oleh orang tua murid dan pihak sekolah.

"Acara ini sangat bagus bisa menambah pengetahuan. Biasanya penyuluhan cuma orang tua saja, tapi ini keduanya, untuk anak-anak dan orang tua," kata Parni, ibu dari Dwi Putri Riyanti dan Dwi Putrio Riyani, siswi kelas 4 SDN Lebak Bulus 01.

"Sosialisasi dari BNN ini sangat bermanfaat bagi sekolah kami karena saat ini sangat kuat sekali pengaruh narkoba yang masuk ke lingkungan, mudah-mudahan dengan adanya sosialisasi ini orang tua dapat lebih memperhatikan anak-anaknya dan anak-anak kami bisa terhindar dari narkoba dan menjadi anak yang berhasil," kata Karyatun, Wakil Kepala Sekolah SDN Lebak Bulus 01.

Selain SDN Lebak Bulus 01, program “Kapten BeNN Goes to School”  yang di dukung oleh PT. Pertamina ini akan diadakan di beberapa sekolah dasar di wilayah DKI Jakarta, yaitu SDN 01 Pagi Kamal Muara, SDN 02 Pagi Kamal Muara, SDN Bidara Cina 01, SD Johar Baru 03 Pagi,  SDN Lebak Bulus 07, SDN Pondok Labu 02 Pagi, SDN Cipulir 02 Petang, SDN Pejagelan 01 Pagi, dan SDN Pegadungan 11 Pagi.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014