Banjarmasin (ANTARA News) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimatan Selatan H Muhammad Tambrin mengungkapkan, seluruh jemaah haji asal provinsinya dalam keadaan sehat atau setidaknya tidak mengalami permasalahan kesehatan serius.

"Selain dua orang yang meninggal dunia di Arab Saudi, seluruh jemaah haji asal Kalsel atau embarkasi Banjarmasin dalam keadaan sehat-sehat saja. Kalaupun ada gangguan kesehatan, hanya gangguan kecil atau ringan," ungkapnya di Banjarmasin, Rabu.

Berdasarkan informasi dari petugas haji di Arab Saudi, lanjutnya, lebih setengah jamaah haji Embarkasi Banjarmasin sudah meninggalkan Mekkah dan berada di Madinah untuk melaksanakan shalat "arbain" di Masjid Nabawi (shalat wajib 40 waktu ).

"Saya belum dapat informasinya berapa kloter jamaah haji asal daerah kita yang sudah berada di Madinah," ujarnya didampingi Kepala Bidang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Kalsel H Syukeriansyah.

Ia menjelaskan, shalat arbain adalah shalat empat puluh waktu (shalat wajib) di Masjid Nabawi secara berturut-turut dan tidak ketinggalan "takbiratul ihram" bersama imam.

Selain melaksanakan shalat arbain, jamaah juga ada yang ziarah ke makam Rasulullah saw serta ke sejumlah masjid bersejarah, di antaranya Masjid Quba, kata Muhammad Tambrin.

Kabid Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Kalsel menambahkan, jamaah haji asal provinsinya merupakan jamaah gelombang kedua keberangkatan haji nasional 2014. "Sehingga keberangkatannya langsung ke Makkah," katanya.

Sedangkan penginapan jemaah haji asal Kalsel di Madinah berada sekitar 650 meter dari Masjid Nabawi, demikian Syukeriansyah.

Pewarta: Syamsuddin Hasan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014