Jakarta (ANTARA News) - Provinsi DKI Jakarta masih kekurangan 1.600 personel pemadam kebakaran supaya bisa merespons bencana kebakaran dengan cepat sehingga dampaknya bisa ditekan.

"Petugas lapangan kita masih sekitar 2.900 personel, sedangkan yang kita butuhkan paling tidak 4.500 personel," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta Subejo, Kamis.

Ia mengatakan penambahan personel diperlukan karena pemukiman di Jakarta makin padat sehingga risiko kejadian kebakaran makin tinggi.

Wilayah DKI Jakarta yang luas daratannya 661 kilometer persegi, menurut data Badan Pusat Statistik tahun 2010, berpenduduk 9,6 juta orang.

Selama Januari hingga Oktober tercatat telah terjadi 875 kebakaran di wilayah DKI Jakarta, paling banyak pada bulan September dengan 166 kasus kebakaran, atau sekitar lima kejadian kebakaran setiap hari.

Menurut peraturan daerah, Subejo menjelaskan, seharusnya ada satu pos pemadam dengan minimal satu kendaraan pemadam dan 18 petugas di setiap kelurahan.

Subejo mengatakan, selama penambahan personel belum bisa dilakukan Dinas Pemadam Kebakaran meminta dukungan anggota Satuan Polisi Pamong Praja untuk membantu tugas pemadaman kebakaran.


Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014