Madrid (ANTARA News) - Barcelona mempertahankan keunggulan empat poin atas Real Madrid di puncak klasemen La Liga menjelang El Clasico pertama musim ini pekan depan setelah menang 3-0 dari Eibar Minggu dini hari WIB ini.

Beberapa menit sebelumnya Madrid menang untuk ketujuh kali berturut-turut dalam berbagai kompetisi ketika Cristiano Ronaldo menciptakan dua gol pada kemenangan 5-0 dari Levante.

Setelah dibuat frustasi pada 45 menit pertama, Barca akhirnya memetik gol ketika Xavi Hernandez menciptakan gol pertamanya musim ini usai mengonversi umpan Lionel Messi pada babak kedua.

Neymar melepaskan voli untuk membawa kedudukan menjadi 2-0 sebelum dia sendiri mengaransemen gol ketiga yang dicetak Messi.

Gol ini membuat Messi tinggal satu gol untuk menyamai rekor gol terbanyak sepanjang masa di La Liga yang dicetak Telmo Zarra.

Messi sudah mencetak 250 gol dari 285 penampilannya bersama Barca.

"Kami telah berjuang keras untuk memecah kebuntuan, tapi begitu Anda mencetak gol pertama maka semuanya menjadi lebih mudah," kata Xavi kepada Canal Plus.

"Kami mempertahankan tetap tidak kebobolan (clean sheet) yang menunjukkan kita juga bermain secara defensif dengan sangat baik."

Messi berusaha merayakan ulang tahun ke-10 dia bersama Barca pekan ini dengan memecahkan rekor gol sepanjang masa, namun dia dibuat frutasi oleh sangat terorganisasinya para bek Eibar pada 45 menit pertama.

Pemain Terbaik Dunia empat kali itu seharusnya sudah mencetak gol pada menit 20 setelah umpan satu duanya bersama Dani Alves namun kaki Xabi Irureta menghambat Messi dalam menjaringkan bola.

Messi sempat melepaskan tendangan yang melebar dari sisi area, namum Eibar  yang justru mendapat dua peluang emas menjelang babak pertama berakhir lewat Ander Capa dan Saul Berjon.

Real Madrid juga berjalan mulus dengan mencetak lima gol ke gawang Levante yang adalah kelima kalinya Madrid menang paling sedikit lima gol pada tujuh laga terakhirnya.

Cristiano Ronaldo mencetak gol pada sembilan laga berturut-turut untuk membuka pesta gol sebelum Javier Hernandez menggandakan keunggulan menjelang akhir babak pertama.

Ronaldo lalu mencetak gol ke-15 musim ini hanya dari tujuh kali tampil untuk mengubah kedudukan 3-0 sebelum finis mansi dari James Rodriguez dan Isco.

Namun Madrid menghadapi masalah cedera pemain menjelang pertemuannya dengan Liverpool pada Liga Champions, sebelum menjamu Barca di Santiago Bernabeu Sabtu pekan depan.

Karim Benzema, Raphael Varane dan Sergio Ramos absen pada pertandingan itu, sedangkan Gareth Bale masih belum padu setelah tampil memperkuat timnas Wales akibat cedera otot.

Tapi Ancelotti tidak terlalu khawatir.

"Kami menghadapi pertandingan yang sulit di sini, tapi kami telah bermain bagus sekali dan serius. Kami sangat terkonsentrasi dan itu berlangsung bagus sekali. Kini kami punya waktu untuk pertama memulihkan para pemain dan kemudian memikiran pertandingan Rabu (dalam Liga Champions melawan Liverpool)," kata Ancelotti seperti dikutip AFP.

Pada pertandingan La Liga lainnya hari ini, Athletic Bilbao ditahan seri 1-1 oleh tamunya Celta Vigo.

Bilbao sempat punya harapan untuk mengakhiri tujuh laga tanpa menang saat gol Aritz Aduriz dari titik penalti pada menit enam babak pertama bertahan sampai menit 73 saat Nolito menyamakan kedudukan untuk Celta Vigo.






Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014