Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menunjuk Rudiantara sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika pada kabinetnya yang dia namai Kabinet Kerja setelah 34 menteri diumumkan di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu.

Rudiantara yang saat ini menjabat Komisaris Independen PT Indosat Tbk menggantikan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring pada Kabinet Indonesia Bersatu II era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono 2009-2014.

Dari berbagai sumber disebutkan alumnus Universitas Padjadjaran, Bandung, pada 1990-an, juga pernah menjabat Wakil Direktur Utama PT PLN (Persero).

Selama dua tahun menjabat Wakil Direktur Utama PLN ia berperan besar dalam pencarian pendanaan perusahaan terutama pinjaman untuk proyek pembangkit listrik 10 ribu megawatt.

Rudiantara tidak asing di dunia marketing, sejak mengabdi di Telkomsel, kemudian menjadi Direksi di Excelcomindo Pratama yang kemudian menjadi XL Axiata.

Selain berkiprah di sektor telekomunikasi, Rudiantara juga pernah dipercaya menjadi Wakil Dirut di Semen Gresik.

Ia pun kembali lagi di sektor telekomunikasi dengan menjadi Komisaris di PT Telkom kemudian menjabat Komisaris di PT Indosat hingga sekarang.




Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014