Tokyo (ANTARA News) - Pencipta permainan "Super Mario Bros" Shigeru Miyamoto, yang telah menghasilkan beberapa permainan video hit terbesar dunia dalam tiga dekade terakhir, sekarang menambahkan profesi produser film dalam daftar panjang pekerjaannya.

Di Tokyo International Film Festival akhir pekan lalu, Miyamoto mengungkap proyek terbarunya, "Film Pendek PIKMIN", sebuah film animasi pendek 3D yang dibuat berdasarkan karakter-karakter permainan Nintendo.

Ia mengaku selama bertahun-tahun telah menolak keras permintaan untuk membuat film dengan karakter Nintendo namun lalu melunak melihat kemungkinan bisa memberikan kemajuan teknologi pada pembuatan film meski ia tidak benar-benar berniat beralih dari bisnis game ke bisnis film.

"Saya belum beralih. Tapi karena teknologi komputer grafis makin bagus, saya mulai merasa bahwa itu adalah sesuatu yang saya bisa ikut terlibat," kata Miyamoto dalam wawancara dengan Reuters.

"Pembuatan film di masa lalu adalah sesuatu yang dilakukan dengan keterampilan yang sama sekali berbeda, tetapi sekarang saya merasa keduanya agak mirip," ujar Direktur Pelaksana Senior Nintendo itu.

Seri permainan Nintendo "Pikmin" yang diluncurkan pada 2001, menampilkan astronot Kapten Olimar dan makhluk aneka warna serupa tumbuhan Pikmin berjuang mengumpulkan barang-barang sambil menghindari rintangan dan melawan monster. Permainan itu sekarang sudah memasuki edisi ketiga dalam daftar permainan Nintendo Wii U.

"Film Pendek PIKMIN" adalah kumpulan film berdurasi 23 menit yang terdiri atas cerita "The Night Juicer", "Treasures in a Bottle", dan "Occupational Hazards".

Miyamoto menggambarkan film itu sebagai proyek yang bertujuan untuk memperluas dunia video game dan memberikan aspek kehidupan lebih untuk karakter Pikmin.

Namun, rencana distribusi film ini di bioskop belum ditentukan.

"Lebih dari menjadikannya film untuk bioskop, saya membuatnya sebagai film yang menyajikan rekaman yang diperlukan dalam permainan," kata dia.

"Itulah mengapa ini dibuat sepanjang ini. Saya berpikir tentang bagaimana cara mengumumkannya, dan kemudian ada festival film ini, jadi saya beruntung," lanjutnya.

Miyamoto mengatakan saat ini belum ada rencana untuk film selanjutnya yang menggunakan karakter Pikmin atau karakter lain dari Nintendo.

Tetapi ia membuka kesempatan dan mengatakanbahwa "secara teknis, ada berbagai hal yang bisa dilakukan".

Meski demikian dunia video game tetap menjadi cinta sejatinya, dan setelah 30 tahun terlibat dalam pembuatan film-film blockbuster seperti "Donkey Kong", "The Legend of Zelda" dan "Star Fox", Miyamoto tidak menunjukkan tanda-tanda melambat.

"Setiap hari masih menyenangkan," katanya dengan senyum lebar, dan menyampaikan dia sedang bekerja dalam berbagai proyek untuk Wii U dengan beberapa produk yang akan keluar tahun depan.

"Dan dalam tahun-tahun mendatang? Akan ada hal-hal yang lebih interaktif dalam kehidupan sehari-hari kita. Dan saya ingin terlibat dalam setiap aspek itu. Saya tidak tahu apakah akan membuat Mario, tetapi dalam 10 atau 20 tahun ke depan saya pikir saya masih akan melakukan sesuatu," ucap Miyamoto.(Uu.Y012)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014