Saat ini progress pembangunannya sudah mencapai 67 persen,..."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono pada Rabu (29/10) meninjau pembangunan jalan tol Cikampek-Palimanan (Cikapali).

Basuki menilai, bahwa dari beberapa ruas jalan yang sudah diaspal, segi kenyamanan jalan sudah cukup bagus serta mengikuti desain yang baik dan benar.

Cut and fill sudah sesuai engineering, dengan semen untuk menahan longsoran juga sudah baik dari segi kualitas maupun lingkungan,” tutur Basuki.

Segi kenyamanan, lanjutnya, sudah cukup baik dengan indeks kekasaran jalan 1,1 persen dari yang biasanya 4,1 persen.

“Saat ini progress pembangunannya sudah mencapai 67 persen, di akhir tahun ditargetkan mencapai 85 persen dan targetnya dapat digunakan lebaran tahun depan. Secara kontraktual, pekerjaan ini selesai di Juni 2015,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Basuki mengatakan pada Maret 2015 akan kembali meninjau pembangunan jalan tol Cikapali.

Secara bussiness plan, perkiraan lalu lintas harian kendaraan yang akan melewati jalan tol tersebut akan mencapai 27 ribu.

Basuki memperkirakan saat jalan tol tersebut beroperasi, angka lalu lintas kendaraan akan lebih dari perkiraan tersebut.

Saat ini kendaraan yang melewati jalan nasional Cikampek-Palimanan mencapai 65 ribu perhari.

Dengan beroperasinya jalan tol Cikapali tahun depan, maka dapat mereduksi kemacetan di jalan nasional sampai 60 persen.

Secara otomatis biaya perawatan jalan di jalan nasional Cikampek-Palimanan pun akan berkurang sampai 50 persen karena kendaraan berat sudah banyak pindah melewati jalan tol Cikapali.Puskom

Advertorial


Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014