Saat ini mereka dalam perjalanan menuju Tanah Air. Mereka diperkirakan tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma Kamis (6/11) pukul 02.00 WIB,"
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 440 haji kelompok terbang (kloter) terakhir DKI Jakarta tidak menginap di Asrama Haji, melainkan langsung pulang ke rumah masing-masing, kata Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Debarkasi DKI Jakarta, Sugito.

"Saat ini mereka dalam perjalanan menuju Tanah Air. Mereka diperkirakan tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma Kamis (6/11) pukul 02.00 WIB," katanya, Rabu.

Sugito mengemukakan seluruh haji akan diperiksa kesehatannya di bandara. Kemudian mereka akan dibawa ke Asrama Haji DKI Jakarta untuk mengambil barang-barangnya, termasuk air zam-zam.

"Setelah itu mereka langsung pulang ke rumah masing," ujarnya.

Haji kloter terakhir ini berasal dari Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Mereka terdiri dari 183 orang pria dan 257 orang wanita.

Kondisi kesehatan mereka setelah menjalani ibadah haji belum diketahui.

Namun PPIH memastikan pemeriksaan kesehatan dilakukan sebelum mereka berangkat ke Tanah Suci. Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan, disimpulkan mereka layak menjalani ibadah haji.

"Karena itu pemeriksaan kesehatan mereka dilakukan setelah tiba di bandar," katanya.

Dia mengatakan acara serimonial menyambut haji yang baru tiba di Tanah Air diselenggarakan tadi siang di Bandara Halim Perdana Kusuma. Acara itu dihadiri Wakil Menteri Luar Negeri.

"Acara itu bersamaan dengan kedatangan haji dari Jawa Barat," katanya.

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014